Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Kapal Patroli Cepat TNI AL Buatan Batam Diluncurkan

Berita Terkait

Pemkab Karimun Adakan Wirid Bulanan

Diskon Dicabut, Tiket Dumai Line Tak Ada Kenaikan

kapal-patroli-cbatampos.co.id – Tiga unit kapal patroli cepat (PC) 40 Meter buatan PT Palindo Marine Batam pesanan Dinas Pengadaan Angkatan Laut (AL) resmi diluncurkan sebagai kapal patroli untuk pengamanan wilayah periaran Indonesia timur.

Tiga kapal patroli dengan nama KRI Tatihu 853, KRI Layaran 854 dan KRI Madidihang 855 diluncurkan langsung oleh Asisten logi (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi bersama jajarannya serta manajemen PT Palindo Marine di kawasan galangan kapal Palindo Marine, Seilekop Sagulung, Jumat (23/9) siang.

Mulyadi dalam arahannya menuturkan tiga kapal tersebut merupakan tindak lanjut proyek pengadaan kapal patroli dari Dinas Pengadaan TNI AL untuk menambah alat utama sistem pertahanan (alusista) di wilayah periaran Indonesia. Tiga kapal PC 40 ini nantinya akan ditempatkan di wilayah perairan Indonesia Timur untuk memperkuat jajaran satuan kapal patroli armada RI di kawasan Indonesia timur.

“Teknis pembagian tugasnya di sana nanti. Karena kapal-kapal ini akan diserahkan secara resmi ke TNI AL pada November mendatang. Yang sekarang adalah peluncuran,” ujar Mulyadi.

Peluncuran tiga unit kapal PC40 itu, akan menambah jumlah armada kapal Patroli TNI AL yang sudah ada. Total kapal patroli TNI AL yang ada saat ini sekitar 150 unit. Namun itu masih jauh dari angka idealnya yang seharusnya mencapai angka 180 an unit.

“Makanya proyek pengadaan kapal ini masih terus berlanjut sampai tahun 2024 nanti,” ujarnya.

Untuk proyek pengadaan kapal patroli lanjutan tersebut sambung Mulyadi akan sepenuhnya percaya kepada perusahaan galangan kapal dalam negeri yang akan dilakukan sesuai prosedur tender yang ada.

Sehingga dia berharap baik itu PT Palindo Marine ataupun perusahaan-perusahaan galangan kapal secara umum di dalam negeri agar benar-benar bisa membuktikan hasil kerja yang baik sehingga  kedepannya perusahaan galangan kapal dalam negeri tetap berjaya.

“Persaingan semakin ketat, setiap perusahaan (galangan kapal) menunjukan hasil kerja yang baik sehingga perlu ada peningkatan lagi kedepannya agar terus mendapat kepercayaan serupa,” tutur Mulyadi.

Direktur Utama PT Palindo Marine Hermanto melalui direktur PT Palindo Marine Charles Wirawan dalam laporannya mengatakan, pembuatan kapal patroli yang perunitnya menelan anggaran sekitar Rp 90 miliar itu sudah dilakukan sejak 10 bulan yang lalu. Dari kesepakatan awal pembuatan tiga kapal tersebut memakan waktu sekitar 17 bulan, namun karena proses pembuatan berjalan lancar pembangunan kapal itu hanya memakan waktu 10 bulan.

“Ini salah satu bukti bahwa perusahaan kami ini bisa dipercaya dengan mengutaman hasil kerja yang memuaskan sesuai dengan spek yang ditentukan,” katanya.

Manajer Teknik PT Palindo Marine Mukti Syarif Rifai, menjelaskan, tiga kapal tersebut memiliki spesifikasi yang sama diantaranya berbahan aluminium marine grade, panjang keseluruhan 46,23 meter, lebar 7.90 meter, tinggi geladak utama 4.25 meter, sarat benam 1.70 meter, kecepatan 24.00 kknots, kecepatan operasi 15.00 knots dan daya muat personil atau crew 35 orang. “Mesin penggeraknya dua unit MTU@2480 HP dan dilengkapi persenjataan yang canggih,” kata Mukti.

Dengan adanya peluncuran tiga unit kapal patroli tersebut, jajaran manajemen PT Palindo Marine yakin bahwa PT Palindo Marine bisa bersaing dengan perusahaan galangan kapal lainnya dengan menghasilkan kapal-kapal berkualitas sesuai yang diinginkan. Sehingga kedepannya dia berharapp agar proyek pengadaan kapal dari TNI AL serupa terus berkesinambungan.

Hadir dalam acara peluncuran tersebut diantaranya Danlamtamal IV Tanjungpinang Laksamana Pratama S Irawan, Kepala dinas pengadaan angkatan laut Laksamana Pratama TNI Prasetya Nugraha serta sejumlah petinggi TNI AL lainnya. (eja)

Update