Rabu, 24 April 2024

Baru Tiga Sekolah Negeri di Batam Terapkan Full Day School

Berita Terkait

Ilustrasi dokumen jpnn

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan hingga saat ini baru ada tiga sekolah negeri di Batam yang menerapkan Full Day School (FDS). Ketiga sekolah tersebut SDN 006, SMPN 6, dan SMPN 26 Batam.

“Selebihnya belum,” kata Muslim, Rabu (21/12/2016)

Penerapan FDS ini menurutnya, terkendala karena sebagian orangtua mengeluh dan tidak ingin pihak sekolah memberlakukan FDS.

“Kemarin ada keluhan dari orangtua terkait FDS, karena setibanya di rumah anak-anak tidak ada kegitan karena semua pekerjaan rumah tuntas di sekolah. Selain itu mereka orangtua tidak semua memiliki waktu untuk mengantar makan siang,” jelas pria yang menjabat sejak 2007 ini.

FDS memiliki jam belajar yang cukup panjang, dengan adanya keluhan dari orangtua ini, tentunya akan menjadi pertimbangan. Namun begitu, pihaknya tetap akan menerapkan FDS selama sekolah mampu dan memenuhi persyatan seperti belajar satu shif.

“Meskipun ada keluhan dari orangtua, kami akan tetap menerapkan FDS. Karena ini sesuai dengan arahan dari Kemendikbud,” ujarnya.

Semenatara itu, Suharsa salah seorang wali murid SDN 006 Sekupang menuturkan, penerapan FDS memang sedikit menyita waktunya, setiap jam makan siang dia harus mengantarkan bekal untuk anaknya. “Ya sekarang punya aktifitas baru, nganter makanan anak,” kata dia.

Meskipun begitu, pelajaran tuntas di sekolah sangat membantu karena sesampainya di rumah anak bisa beristirahat, dan tidak harus berjibaku dengan tugas sekolah.

“Sekarang anak saya tidak pernah lagi mengerjakan tugas sekolah di rumah, karena semua selesai di sekolah. Ya, ada plus minesnya lah,” ucapnya. (cr17)

Update