Iklan
Suasana di Pujasera Batamindo Ribuan para pencaker mencari kerja, F-Ahmad Yani/ Batam Pos

batampos.co.id – Batam masih tetap menarik bagi pencari kerja dari luar daerah. Meski lapangan kerja terbatas, namun warga luar Batam tetap banyak yang nekat mencari kerja di Batam.

Lihatlah Multi Purphose Hall (MPH) Pujasera Batamindo, Mukakuning. Setiap hari kawasan ini ini dipadati ribuan pencari kerja.

Setiap pukul 7.00 WIB, kawasan itu sudah padat. Ribuan pencari kerja sudah menyiapkan berkas lamaran, jika sewaktu-waktu ada pengumuman lowongan kerja di MPH tersebut.

Tika, 19, salah satu pencaker asal Bukit Tinggi ini, saat ditemui Jumat (23/12/2016) mengatakan, sejak pagi sudah berada di MPH. Ia mengaku untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan ia rela untuk bangun pagi.

“Kata orang-orang sih, lowongan kerja biasanya ada pagi-pagi, makanya saya dan dua kawan saya pagi-pagi sekali datang ke sini,” katanya.

Ia mengatakan tiba di Batam sudah tiga pekan lalu. Ia ingin mencoba peruntungkan di Batam yang dinilainya memiliki peluang pekerjaan yang lebih tinggi dibandingkan kota kelahirannya sendiri.

“Di sini banyak pekerjaan, gak seperti di kampung,” katanya.

Senada juga dengan Lya. Perempuan asal Aceh ini mengaku sudah lima bulan berada di Batam. Ia sempat bekerja sebagai karyawan di salah satu toko di Aceh, namun hanya bertahan tiga bulan saja karena alasan gaji yang sangat kecil.

Hingga akhirnya, ia hijrah ke Batam dengan mengandalkan ijazah SMA-nya.

“Disuruh sama kakak ke sini, katanya cari kerja di Batam saja, gaji di sini lumayan,” ujar Lya.

Meskipun demikian, ia mengaku mencari kerja di Batam sangatlah susah.

“Sudah banyak surat lamaran kerja saya kirim ke perusahaan, tapi sampai sekarang belum ada panggilan,” ungkapnya.

Sementara itu, tingginya pencari kerja di Batam juga bisa dilihat dari permintaan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yangjuga meningkat di kepolisian. Salah satynya di Mapolsek Seibeduk.

Karyawan yang  melengkapi persyaratan untuk perpanjangan kontrak kerja di awal tahun 2017 mendatang, ramai mengurus dan mendatangi Polsek untuk mendapatkan SKCK yang baru. Terhitung mulai 1 hingga 23 Desember sudah 143 berkas yang telah diterima.

“Iya lumayan tinggi permintaan pembuatan SKCK untuk beberapa hari ini, karena banyak yang ingin perpanjangan kontrak kerja,” ujar bagian Admin Intelkam Mapolsek Seibeduk, Herlina Manurung, Jumat (23/12/2016).

Setiap harinya berkas  yang masuk sekitar 30 hingga 35. Berkas-berkas ini umumnya dari pekerja yang ingin perpanjang masa berlaku SKCK.

“Saya mau perpanjangan kontrak kerja, syaratnya SKCK juga harus diperpanjang,” ujar Rita salah satu pemohon.

Selain perpanjangan, warga yang ingin membuat SKCK juga tampak ramai. Untuk hari saja ada sekitar 18 pemohon yang datang. Mereka merupakan pendatang baru yang ingin mencari kerja di kota Batam.

“Saya baru datang lima hari yang lalu. Mau cari kerja di sini, syaratnya harus ada SKCK,” ungkap Wanda. (cr19)

Advertisement
loading...