Kamis, 8 Desember 2022

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjungbatu Mangkrak, Nurdin Bertindak

Berita Terkait

Kondisi gedung terminal dan ruang tunggu penumpang pelabuhan Tanjungbatu Kundur sudah tiga tahun belum ditempati. Foto: imam/batampos

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun segera melakukan koordinasi dengan kepala dinas perhubungan dan KSOP menyikapi mangkraknya terminal penumpang dan ruang tunggu pelabuhan Tanjungbatu.

Terminal tersebut sudah tiga tahunmangkrak, padahal pengerjaanya sudah selesai tiga tahun lalu. Bahkan proyek tersebut sudah diresmikan oleh gubernur Kepri almarhum HM.Sani beberapa waktu lalu.

“Ya saya akan berkoordinasi dengan kepala dinas perhubungan dan KSOP terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan mangkraknya proyek terminal penumpang pelabuhan Tanjungbatu. Sangat disayangkan bangunan cukup bagus namun belum dimanfaatkan, nanti saya akan cek sudah sampai dimana proses yang dilakukan dinas perhubungan dengan KSOP,” tegas Nurdin.

Pernyataan Nurdin disampaikan menjawab pertanyaan wartawan Batam Pos saat menggelar konferensi pers usai meresmikan jaringan listrik desa di Gadingsari Jumat (30/12/2016) yang lalu.

Lebih lanjut dikatakan terminal penumpang pelabuhan dibangun untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi, namun sejauh ini fasilitas terminal penumpang pelabuhan Tanjungbatu belum dioperasikan.

Dikatakan secara teknis sebelumnya sudah dikoordinasikan antara dinas perhubungan dengan KSOP. Pembangunan terminal penumpang pelabuhan sebenarnya akan lebih baik cepat digunakan, karena jika dibiarkan justeru semakin rusak.

Data di lapangan menyebutkan proyek terminal penumpang dan ruang tunggu pelabuhan Tanjungbatu merupakan proyek dinas perhubungan provinsi Kepri tahun anggaran 2013. Pengerjaan proyek tersebut menelan anggaran sebesar Rp 2,6 Miliar bersumber dari APBD Provinsi Kepri tahun 2013.

Meskipun proyeknya selesai dikerjakan tiga tahun lalu sampai sekarang belum juga dioperasikan hal itu menyebabkan sejumlah ruangan dan plafon mulai rusak. Bangunan dua lantai tersebut diperuntukan perkantoran dan ruang tunggu, sejumlah fasilitas penunjang seperti kursi penumpang di ruang tunggu, televise (TV), pendingin ruangan (AC) sudah terpasang. Warga sudah lama menunggu kapan dioperasikan terminal penumpang dan ruang tunggu tersebut. (ims)

- Advertisement -

Update