Jumat, 29 Maret 2024

Siapkan Berkas, Tahun Ini Polda Kepri Rekrut 227 Calon Polisi

Berita Terkait

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian. Foto: Cecep Mulyana/Batampos

batampos.co.id – Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menyebutkan tahun 2017, pihaknya akan merekrut lebih banyak polisi yang dipersiapkan untuk menjadi pengayom bagi masyarakat Kepri. Jumlah rekrutan ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

“2016, kami rekrut 77 orang, tahun 2017, 227 orang untuk bintara,” kata Irjen Pol Sam Budigusdian, Senin (2/1/2016).

Ia mengatakan rekrutan ini lebih banyak, karena naiknya juga tipe Polda Kepri dari B ke A. Diharapkan nantinya polisi-polisi yang direkrut bisa menjaga keamanan Kepri.

Untuk rekrutan tahun ini, Sam menuturkan bebas dari kolusi maupun korupsi. Semuanya direkrut lebih trasnparan. Sam menyebutkan kepada calon polisi yang akan mendaftar, mempersiapkan diri sedini mungkin.

Dan jangan pernah berharap bisa masuk polisi dengan cara yang curang. “Jangan mau jadi polisi, kasih ini itu. Tak akan diterima, karena yang diterima yang kompeten,” tuturnya.

Sam berharap pemuda maupun pemudi Kepri, sudah mulai belajar agar bisa lulus tes akademik yang akan diadakan. Selain itu fisik juga harus digenjot. “Bimbingan dulu,” tuturnya.

Saat ini menurut Sam, personel Polda Kepri jauh dari kata ideal. Sebab idealnya untuk mengamankan wilayah seluas Kepri dengan potensi konflik yang beragam, dibutuhkan sebanyak 12 ribu orang. Namun kenyataanya saat ini, personel Polda Kepri hanya sebanyak 5002 orang.

“Walau begitu, kami tetap all out mengamankan Kepri,” ucapnya.

Ia menuturkan bahwa pihak kepolisian sangat membutuhkan bantuan masyarakat. “Kami tak bisa sendrian mengamankan Kepri, butuh masyarakat. Informasikan saja ke kami bila ada gangguang keamanan, akan ditindak lanjuti,” pungkasnya. (ska)

Update