Jumat, 29 Maret 2024

Tujuh Bayi Lahir di Tahun Baru 2017

Berita Terkait

Seorang perawat Rumah Sakit Budi Kemuliaan sedang merawat tiga bayi yang lahir hari pertama di Tahun 2017 di Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Senin (2/1/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bagi pasangan Firdaus dan Famela, tahun baru membawa kebahagiaan baru. Tepat pada 1 Januari lalu, putra pertama mereka lahir. Ini jauh dari prediksi mereka.

“Prediksi dokter, (anak ini) lahir tanggal 22 Desember,” kata Famela di Paviliun Anak RS Budi Kemuliaan, Senin (2/1/2017).

Pada hari prediksi itu, Famela dirujuk ke RS Elisabeth untuk mendapatkan persalinan. Dokter menyarankan untuk melakukan operasi bedah. Famela, namun demikian, menginginkan anaknya lahir normal. Sebab, ia merasa kehamilannya tidak bermasalah.

Mereka kembali ke rumah dan mencari rujukan ke rumah sakit lain. Pada hari Jumat (30/12), Famela mulai mengalami sakit perut. Ia datang ke bidan dan dirujuk ke RS Budi Kemuliaan (RSBK).

Kendati masuk dari hari Jumat (30/12/2016), tanda-tanda bayi lahir normal tidak ada hingga Minggu (2/1/2017). Ketika rahim mulai kering lantaran air ketuban habis, dokter memutuskan untuk melakukan bedah caesar.

“Daripada tidak bisa keluar, ya sudah nggak pa pa dibedah saja,” timpal Firdaus.

Bayi pasangan muda itu lahir pada pukul 09.45 WIB. Beratnya 3,35 kilogram dengan panjang 49 sentimeter. Firdaus menamai anaknya Muhammad Arsyil Rafif.
Nama itu sudah ia persiapkan dari jauh-jauh hari.

“Kami sebagai orang tua pengin anak kami sehat. Ketika besar, ia bisa meraih mimpinya dan berguna bagi negeri ini,” tutur Firdaus.

Di RSBK, ada dua bayi lain yang lahir di tanggal 1 Januari. Dua bayi lainnya itu milik pasangan Iskandar – Husni dan Buyung – Ernita. Bayi Iskandar – Husni lahir normal pada pukul 15.25 WIB. Bayi laki-laki itu memiliki berat badan 2,15 kilogram.

Sementara bayi milik Buyung – Ernita lahir pada pukul 22.00 WIB. Bayi perempuan itu dilahirkan melalui operasi caesar. Beratnya mencapai 2,85 kilogram.

“Ketiganya masih di rumah sakit. Kepulangannya menunggu pemeriksaan dari dokter,” tutur Staf Humas RSBK, Nisa.

Selain di RSBK, Batam Pos mendapati ada empat bayi lain yang lahir di awal tahun 2017 ini. Keempatnya dilahirkan di Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) dan Rumah Sakit Soedarsono Darmosoewito (RSSD).

Di RSAB, ada tiga bayi yang lahir pada tanggal 1 Januari 2017. Satu dengan persalinan normal. Dua lainnya dengan bedah caesar.

Sementara di RSSD, bayi baru tahun 2017 itu milik pasangan Awang Yakob dan Gesya. Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir normal pada pukul 12.30 WIB. Beratnya mencapai 2,4 kilogram.

“Kelahirannya tidak diprediksi. Ini berkah bagi keluarga,” ujar Kerabat Awang, Darmadi.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Umum dan Rumah Tangga RSSD, Aini, menyatakan, bayi pasangan Awang – Gesya itu lahir prematur. Kelahirannya dipercepat lantaran Gesya, sang ibu, mengalami pecah ketuban pada saat usia kehamilan tujuh bulan.

“Maka dari itu, dokter memutuskan persalinan dilakukan saat itu juga,” kata Aini. (ceu)

Update