Gubnernur Kepri Nurdin Basirun dan GM PLN Wilayah Riau Kepri Feby Joko Priharto bertemu beberapa waktu lalu. Foto: istimewa

batampos.co.id -Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan persoalan listrik masih menjadi fokus pekerjaanya kedepan.

Ditegaskannya juga, pihaknya bersama DPRD Kepri akan menggesa pembentukan Kantor Wilayah (Kanwil) PLN Provinsi Kepri.

Menurut Nurdin, kehadarin Kanwil menjadi kebutuhan mutlak bagi percepatan pembangunan infrastruktur listrik di Kepri.

“Memang pembentukan Kanwil PLN Kepri menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita yang belum selesai. Tentu ini yang harus sama-sama kita gesa bersama dengan DPRD Kepri,” ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menjawab pertanyaan Batam Pos, Selasa (3/1/2016) usai melakukan pelantikan terhadap Pejabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Dijelaskan Nurdin, Kepri merupakan daerah yang unik karena setiap daerah terpisah oleh laut, artinya menyangkut rentang kendali. Kondisi ini tentunya membutuhkan perhatian serius. Diakuinya, luasnya cakupun Kanwil PLN Riau- Kepri tentunya menjadi kendala untuk melakukan percepatan pembangunan. Selain itu juga berkaitan dengan kebijakan-kebijakan strategis.

“Harapan kita dengan lahirnya Kanwil PLN Kepri nanti adalah percapatan pembangunan infrastruktur listrik. Listrik merupakan instrumen pembangunan yang sangat dibutuhkan. Mimpi kita adalah merangkai Kepri dengan listrik kedepannya,” papar Nurdin.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama-sama dengan DPRD Kepri akan meminta waktu ke Pemerintah Pusat terkait keinginan ini. Apalagi ini sudah menjadi tuntutan masyarakat. Untuk lokasi tidak akan menjadi persoalan, karena Pulau Dompak yang merupakan Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri masih memiliki lahan yang kosong.

“Apalagi saat ini, kita ingin menggesa pembangunan Dompak. Dengan adanya kantor-kantor bisa menjadi penggerak bagi percepatan pembangunan Dompak kedepan,” tutup Nurdin.

Terpisah, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto mendorong Pemerintah Provinsi Kepri untuk menggesa pembentukan Kantor Wilayah (Kanwil) PLN di Provinsi Kepri. Menurut Bobby dengan berdirinya Kanwil PLN di Kepri, akan mempercepat langkah pembangunan infrastruktur listrik di Provinsi Kepri.

“Berbicara investasi, infrastruktur listrik merupakan salah satu faktor yang menentukan masuknya investasi daerah-daerah di Provinsi Kepri,” ujar Bobby Jayanto

Pria yang menjabat sebagai Ketua Partai NasDem Kota Tanjungpinang tersebut, Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri masih punya ruang untuk dibangunnya Kanwil PLN. Masih kata Bobby, kehadiran Kanwil akan mempercepat pergerakan pembangunan-pembangunan di daerah. Kepri merupakan daerah yang sangat unik, karena terdiri 2.408 pulau.

Dijelaskan Bobby, selain sebagai daerah kepulauan, Kepri juga merupakan Provinsi terdepan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga wajar, apabila harus dipersiapkan berbagai infrastruktur. Dicotohkannya, Tanjungpinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepri, mulai menunjukan geliatnya dengan lahirnya interkoneksi listrik Batam-Bintan (Babin).

“Rentang kendali harus kita pangkas, sehingga sistem birokasi akan lebih cepat. Kepri daerah yang luas, dan sudah selayaknya punya Kanwil sendiri,” tegas Bobby. (jpg)