Jumat, 29 Maret 2024

Pejabat Pemprov Ikut Lelang Jabatan di Pemkab Bintan

Berita Terkait

Apri Sujadi. foto:istimewa

batampos.co.id – Lelang jabatan (open biding) yang dibuka Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bintan dari 4-23 Januari 2017 selain diwarnai pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Bintan juga ada enam pejabat yang berasal dari Pemprov Kepri. Mereka ikut berkompetisi merebut kursi sebagai kepala dinas (kadis) maupun kepala badan (kaban) dari 12 formasi yang dilelang.

Bedasarkan data BKPPD Bintan, enam pejabat Pemprov Kepri yang ikut kompetisi open biding itu sudah resmi pindah status dari kepegawaian maupun tugasnya. Mereka yang awalnya tercatat sebagai Pegawain Negeri Sipil (PNS) Pemprov Kepri sekarang telah menjadi PNS Pemkab Bintan. Diantaranya Dedy Kristian, Herry Wahyu, Heny, Yuzet, Mohammad Insan Amin, dan Mujiat.

“Ada dua pejabat dari Pemprov Kepri yang dipromosikan. Mereka telah ikut open biding dari 12 formasi yang dibuka,” ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi ketika dikonfirmasi, kemarin.

Open biding yang telah dibuka, Kata dia, akan diisi oleh pejabat-pejabat yang memiliki kemapuan serta etos kerja yang tinggi. Sebab ciri-ciri orang seperti inilah sesuai dengan kebutuhan kerja bagi Pemkab Bintan.

Sedangkan untuk pelantikan pejabat dari open biding ini akan dilaksanakan secepatnya. Karena dampaknya juga akan mempercepat proses administrasi keuangan. Namun jika lambat dilantik maka resikonya akan memperlambat draf dalam pengeluaran tunjangan.

“Awal Februari 2017 mendatang kita lantik pejabat yang lulus open biding. Disaat itu juga kita lantik pejabat yang akan menduduki kursi-kursi yang masih kosong. Seperti kursi sekcam dan seklur di beberapa kecamatan dan kelurahan,” bebernya.

Hal senada dikatakan Kepala BKPPD Bintan, Irma Annisa. Bahwa open biding ini tak hanya sekedar diikuti pejabat-pejabat dari lingkungan Pemkab Bintan saja tetapi juga diwarnai oleh pejabat yang sebelumnya berasal dari Pemprov Kepri.

“Ada enam pejabat yang sebelumnya dari Pemprov Kepri telah menjadi PNS Pemkab Bintan. Mereka semua akan mengikuti open biding dalam 12 formasi jabatan yang direbutkan,” katanya.

Dari puluhan pejabat eselon II dan III yang dikabarkan untuk mengikuti open biding ini. Baru tiga pejabat dari kalangan eselon III yang telah melengkapi seluruh administrasinya. Sedangkan pejabat lainnya masih dalam tahapan proses melengkapi berkas-berkas persyaratan.

Pendaftaran untuk open biding ini akan ditutup 23 Januari 2017 mendatang. Sedangkan
pengumuman kelulusannya akan dilaksanakan sehari setelah penutupan. Bagi yang ingin berkompetisi boleh memilih dua dari 12 formasi jabatan yang diperebutkan. Terpenting harus bisa melengkapi segala persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

“Kita minta bagi yang ingin ikut segera melengkapi segala persyaratan administrasinya,” jelasnya.

Setelah BKPPD mengumumkan pejabat-pejabat yang lulus kelengkapan administrasi open biding. Semua proses akan dilimpahkan kepada tim panitia seleksi (pansel). Sebab pansel yang berwenang untuk memilih dan menetapkan sosok pejabat yang berhak mengisi 12 formasi jabatan tersebut.

Ketika tim pansel selesai menetapkan pejabat-pejabat yang terpilih, sambungnya, BKPPD akan mengambil alih kembali untuk menentukan jadwal pelantikannya. Direncanakan pelantikan pejabat baru di 12 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) itu dilaksanakan pekan kedua bulan depan.

“Tim pansel yang akan menyeleksi mereka. Melalui tes wawancara, ekspose makalah hingga ujian. Kalau kami hanya umumkan kelengkapan administrasi dan tentukan jadwal pelantikannya saja,” pungkasnya. (ary)

 

Update