Kamis, 28 Maret 2024

Harap Dicatat, Pemko Batam Tak Rekrut Tenaga Honorer, Tahun Ini

Berita Terkait

ilustrasi. Foto: cecep mulyana/batampos.co.id

batampos.co.id – Perhatian… perhatian… Pemko Batam tidak berniat menambah honorer baru tahun ini!

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD SDM) M Syahrir, Selasa (31/1).

“Nggak ada (penerimaan), kami berusaha untuk tidak menambah sama sekali, mengurangi iya,” ucap Syahrir kepada Batam Pos..

Dia mengungkapkan awal tahun 2017 ini saja, puluhan honorer dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengundurkan diri.

Namun demikian, Syahrir belum dapat rincian perihal OPD mana saja tempat para honorer tersebut mengabdi.

“Yang sudah pasti mengundurkan diri ada 38 0rang, Januari ini,” ujarnya.

Menurutnya, alasan honorer mundur beragam. Ada yang yang ingin melanjutkan studi, mencari pekerjaan baru bahkan ada yang sudah mendapat pekerjaan di tempat lain.

“Honorer kan nggak bisa dapatkan izin belajar atau tugas belajar, karena ingin belajar jadi berhenti. Lalu ingin dapatkan pekerjaan, di Batam kan lowongan kerjaan banyak,” jelasnya.

Terlepas dari keinginan para honorer yang berhenti, adakah rencana Pemko Batam mengambil langkah pengurangan? Syahrir tegas mengatakan juga tidak akan mengambil tindakan tersebut.

“Kita nggak mengurangi secara drastis begitu, cuman kalau ada kesempatan di tempat lain atau rekruitmen lain atau PNS secara umum, dengan sendiri mereka akan berkurang,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Rudi juga belum memastikan akan merekrut honorer baru tahun 2017 ini. Kini pihaknya akan fokus pada honorer yang keluar masuk.

“Yang keluar masuk ini saja, yang sudah ada dan mau keluar kita masukkan yang baru,” kata Rudi, Minggu (29/1) lalu.

Terkait kemungkinan tambah honorer baru, Rudi mengaku sulit menerka dan masih akan melihat kebutuhan Pemko Batam ke depan.

“Saya nak bilang tak ada rekrut baru susah juga ya, sesuai kebutuhan saja nanti. Kalau boleh sih kita tutup saja (tak ada penerimaan),” pungkasnya.(jpg)

Update