Iklan
Marwin Jamal, F.Yusnadi

Marwin: Buatlah Soal Berkualitas!

batampos.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melimpahkan kewenangan kepada Kementerian Agama guna menyusun soal Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada Maret mendatang.

Iklan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri, Marwin Jamal meminta kepada guru-guru di Kepri yang mendapatkan tanggung jawab tersebut agar menyusun soal dengan matang.

“Harus berkualitas. Saya percaya guru-guru PAI yang ada di Kepri mampu untuk mengemban amanah ini,” kata Marwin, pada kegiatan pelatihan penyusunan master soal USBN Pendidikan Agama Islam (PAI), di Tanjungpinang, Rabu (1/2).

Marwin mengatakan forum tersebut harus digunakan untuk meningkatkan mutu guru terutama dalam menyusun master soal karena panitia akan menghadirkan narasumber dari berbagai profesi pendidikan yang berkualitas.

“USBN akan dilaksanakan pada 20 Maret 2017 mendatang. Dan itu bukanlah waktu yang lama lagi. Maka itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang,” ucap Marwin.

Keputusan Kemendikbud RI tersebut, menurut Marwin, merupakan langkah tepat. Tidak mungkin, kata dia, urusan agama diserahkan kepada kementerian lain.
“Petunjuknya Kementerian Agama Pusat menyusun kisi-kisi soal 25 persen, sedangkan sisanya 75 persen kisi-kisi soal disusun oleh daerah melalui Kelompok Kerja Guru dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI. Oleh karena itu KKG dan MGMP harus siap. Sedangkan formatnya berasal dari Badan Nasional Standar Pendidikan”, terang Marwin.

Sementara itu Ketua Panitia Tuti Masruchah dalam laporannya mengatakan peserta kegiatan sebanyak 32 orang dengan rincian Bintan lima orang, Tanjungpinang enam orang, Batam enam orang, Karimun lima, Natuna tiga orang, Lingga empat orang dan Anambas tiga orang. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari. (aya)