Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat memberikan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan penerima Beasiswa Baznas Kepri, Jumat (3/2) kemarin. f: Fara/batampos

batampos.co.id – Zakat punya banyak manfaat. Sebab itu oleh agama Islam masuk dalam rukun ketiga. Karena ternyata bila dikelola dengan baik, rezeki yang dikeluarkan oleh orang yang mampu itu dapat meringankan beban orang lain. Termasuk pula meringankan biaya sekolah bagi anak-anak Kepri yang kurang mampu.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri juga melihat manfaat itu. Kemarin, Baznas Kepri memberikan beasiswa kepada 130 pelajar yang ada di seantero Kepri. Bantuan biaya pendidikan itu tidak mengenal jenjang karena diberikan kepada pelajar dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi.

Ketua Baznas Kepri, Mastur Taher merincikan penerima tersebut terdiri dari 30 pelajar tingkat SD, 30 pelajar SMP, 30 pelajar SMA dan 40 mahasiswa Kepri. “Sehingga total penerima sebanyak 130 pelajar tersebar di Kepri,” terang Mastur sesaat sebelum penyerahan beasiswa.

Mendapatkan beasiswa Baznas Kepri, Rosi salah satu mahasiswi STAI asal Anambas yang turut menerima beasiswa menuturkan kandidat penerima dipilih melalui tes. “Dites via wawancara langsung, lalu ada tes kelengkapan administrasinya juga sih,” tutur Rosi yang memasuki tahun kedua perkuliahannya.

Tes yang dilangsungkan Baznas dari penuturan remaja berhijab ini, mempertanyakan keilmuan zakat dalam agama Islam. “Dari hukum hingga dalilnya. Kemarin seingat yang saya hitung itu ada 21 pertanyaan ketika dites,” sambung Rosi yang mengaku mampu melewati ujian wawancara dengan mudah.

Ikut memberikan beasiswa secara simbolis pada para penerima, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyampaikan pentingnya menjaga semangat untuk terus belajar. “Adik-adik penerima beasiswa, kami harap mampu menjadi sarjana pelopor pemberdayaan masyarakat untuk Kepri,” tutup Nurdin. (aya)

 

Advertisement
loading...