ilustrasi

batampos.co.id – Banyak orang tua menyepelekan pentingnya hal ini. Padahal, fungsi meja belajar cukup penting untuk menstimulus anak agar semangat belajar.

Mau tahu alasannya? Simak ulasannya lengkapnya sebagaimana dilansir Dekoruma berikut ini.

Mengapa Meja Belajar itu Penting?

Ya, meja belajar memang penting. Meskipun belajar dapat dilakukan di mana saja, tetapi belajar menggunakan meja belajar akan membuat konsentrasi lebih meningkat. Hal ini dikarenakan saat belajar, kita juga memerlukan kenyamanan. Baik kenyamanan fisik maupun kenyamanan batin.

Belajar dengan cara tengkurap, sambil memakan makanan ringan di atas kasur, atau sambil tiduran di atas lantai tanpa alas dapat membuat tubuh terasa pegal dan sakit. Jika sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi badan, maka kegiatan belajar pasti membosankan dan malas untuk diteruskan.

Oleh karena itu, sebenarnya, setiap orang membutuhkan sarana untuk belajar yang baik. Jika sarana tersebut tidak disediakan dengan baik, sudah pasti mereka akan malas dalam belajar. Salah satu sarana penting yang harus disediakan tentu saja adalah meja belajar.

Memilih Meja Belajar Terbaik

Sangat penting memilih meja belajar yang tepat, terutama bagi anak-anak. Bukan hanya sebagai sarana penunjang dalam belajar, meja belajar juga menjadi salah satu motivasi bagi anak-anak untuk mau belajar dengan giat.

Lalu, bagaimana memilih meja belajar terbaik yang tepat? Berikut tipsnya:

– Desain Meja Belajar yang Menarik

Bagi anak-anak, desain dan gambar dari meja belajar merupakan hal yang utama. Warna-warna yang cerah juga menjadi pilihan bagi mereka untuk menentukan meja yang ingin dimiliki.

Pilihlah desain meja belajar sesuai dengan keinginan anak-anak, jangan mengikuti keinginan orang tuanya. Dengan memilih desain dan motif sendiri, anak-anak justru dapat meningkatkan semangat mereka dalam belajar.

Mereka akan merasa jika meja belajar miliknya merupakan sebuah identitas baru yang mereka miliki dan patut untuk dibanggakan. Apalagi jika meja tersebut berbeda dengan milik teman-temannya yang lain.

– Sesuaikan dengan Kebutuhan

Meskipun setiap anak menginginkan meja belajar besar yang dapat menampung semua barang-barangnya, tetapi tetap perhatikan juga kebutuhan mereka dengan baik. Meja besar belum tentu baik untuk mereka, sebaliknya, justru meja belajar dengan ukuran yang lebih kecil atau minimalislah yang mereka butuhkan.

Perhatikan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan mereka yang sebenarnya. Kebutuhan masing-masing anak sangat berbeda.

Mungkin ada yang sudah siap dengan meja belajar besar, tetapi ada juga yang masih harus bertahan dengan meja belajar berukuran lebih kecil. Kebutuhan ini juga dilihat dari postur tubuh anak. Jangan sampai mereka tidak nyaman belajar di meja yang tidak sesuai dengan postur badan mereka. Memaksakan diri untuk belajar di meja yang tidak sesuai juga tidak baik bagi perkembangan tubuhnya.

– Perhatikan Keamanan Meja Belajar

Jaminan keamanan merupakan prioritas utama ketika membeli sesuatu, termasuk penggunaan meja belajar. Keamanan pada meja belajar juga dapat meningkatkan kenyamanan anak-anak dalam belajar.

Gunakan meja belajar dengan ujung-ujung tumpul yang tidak membahayakan penggunanya. Hindari meja dengan ujung runcing yang berbahaya. Pilih juga meja belajarĀ  yang menggunakan cat yang aman dan tidak mudah lengket.

Cek juga bahan dari meja belajar yang dipilih. Kuat atau tidaknya meja tersebut terletak pada material yang digunakan. Hindari memilih meja belajar dengan material yang kurang berkualitas

– Meningkatkan Produktivitas

Perlukah meja belajar bagi orang dewasa? Jawabannya tentu saja sangat diperlukan.Bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan meja belajar terbaik, Anda yang sudah dewasa juga memerlukan meja belajar yang tepat untuk bisa meningkatkan produktivitas.

Kebanyakan dari kita, selalu mengerjakan sesuatu di sembarang tempat atau di tempat yang tidak semestinya. Setiap benda sudah memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Belajar atau bekerja tentunya tidak etis jika dilakukan di atas meja makan. Pun juga tidak pantas dilakukan di ruang tamu ataupun di atas tempat tidur.

Agar pekerjaan atau belajar dapat dilakukan dengan fokus, Anda harus melakukannya di tempat yang benar, seperti meja belajar.

Selain konsentrasi yang dapat ditingkatkan, produktivitas juga dapat ditingkatkan secara maksimal. Anda dapat tetap fokus karena berkurangnya hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda. Bandingkan saja ketika Anda mengerjakan sesuatu di atas tempat tidur atau di depan tv dengan di atas meja belajar. Pastinya, pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat selesai dengan baik ketika dikerjakan di atas meja belajar.

Menjaga Meja Belajar Tetap Rapi

Agar produktivitas Anda tetap meningkat, Anda juga harus tetap menjaga meja belajar agar tetap rapi dan bersih. Kerapian dari meja belajar dapat membantu menjaga suasana hati Anda agar selalu nyaman dalam belajar.

Setiap orang pasti akan malas jika harus belajar di tempat yang berantakan. Sama halnya dengan anak-anak, mereka juga pasti akan merasa jenuh belajar di tempat yang tidak tertata rapi. Bersihkan dan rapikan lagi meja belajar setelah menggunakannya. Jangan meninggalkannya dalam keadaan berantakan.

Agar Belajar Tetap Semangat

Sama seperti poin di atas, agar belajar dapat tetap semangat, sebaiknya pilih meja belajar yang sesuai dengan kepribadian atau ketertarikan Anda secara pribadi. Bisa dengan desain dan motif natural, meja belajar minimalis, atau bisa juga dengan motif dari tokoh-tokoh favorit.

Dengan menggunakan meja belajar yang sesuai dengan kepribadian, pekerjaan yang sedang dikerjakan akan terasa lebih mudah dan lebih semangat ketika mengerjakannya. Supaya kegiatan belajar lebih fokus tanpa adanya gangguan atau pengalih perhatian, sebaiknya Anda menggunakan ruangan khusus yang digunakan untuk belajar dan bekerja. Dengan menggunakan ruangan khusus ini, tentunya konsentrasi Anda dapat ditingkatkan lebih maksimal lagi.

Ternyata, peran dari meja belajar memang cukup penting untuk membantu seseorang dalam meningkatkan produktivitasnya. Hal ini yang sering luput dari perhatian kita semuanya. Masih banyak yang menganggap jika belajar tetap efektif, meskipun dilakukan di mana saja. Pendapat tersebut mungkin benar, tetapi jika kegiatan belajar didukung dengan sarana yang memadai, hal apapun yang sedang dipelajari pasti dapat dihasilkan secara maksimal.

Setelah mengetahui hal di atas, ubah cara belajar Anda sekarang. Gunakan meja belajar agar Anda bisa menjadi lebih produktif lagi. Anda bisa mengunjungi dekoruma.com untuk berbagai pilihan furnitur yang dapat mempercantik ruang belajar Anda. Selamat berbelanja!.(mam/JPG)

Respon Anda?

komentar