Kapal Vietnam yang ditangkap KP Bisma 8001 akhir tahun 2016 silam. Foto : Batampos.

batampos.co.id – Saat ini ada 10 kapal asing yang rencananya akan ditenggelamkan di Anambas. Namun penenggelaman kapal ikan asing yang semula dijadwalkan akhir tahun 2016 silam. Namun mundur hingga awal tahun 2017.

Iklan

Setelah itu dijadwalkan lagi akan dilaksanakan pertengahan bulan Januari tahun 2017 lalu. Namun belum juga dilaksanakan. Informasi terakhir, kapal asing baik itu tangkapan dari kementerian maupun tangkapan lanal akan ditenggelamkan pada bulan Maret mendatang. Itupun belum pasti.

“Penenggelaman kapal ikan asing mundur hingga bulan Maret,” ungkap Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) yang ada di Antang Mochammad Erwin kemarin.

Informasi awal yang didapatkan, kata Erwin, penenggelaman kapal masih menunggu anggaran dari pusat. Jika anggaran sudah turun maka akan segera ditenggelamkan. “Memang untuk pelaksanaan penenggelaman itu dari anggatan laut, tapi penganggarannya tetap dari kementerian,” jelasnya.

Diakuinya ada perubahan sedikit yakni mengenai jumlah kapal yang akan ditenggelamkan. Pada rencana awal, kementerian akan menenggelamkan tujuh kapal asing. Namun informasi terakhir, akan ditambah lagi tiga kapal sehingga menjadi 10 kapal asing yang akan ditenggelamkan.

“Nanti ada 10 kapal asing yang akan ditenggelamkan, tujuh kapal merupakan kapal asing tangkapan dari kementerian dan tiga kapal asing lainnya merupakan kapal tangkapan dari angkatan laut,” jelas Erwin.

Diketahui jika penenggelaman kapal kali ini merupakan penenggelaman kesekian kalinya di perairan Anambas. Banyak warga yang mendukung penenggelaman ini karena dapat mengurangi nelayan asing yang mencuri ikan di Anambas. Dampak positif lainnya yakni kapal yang sudah ditenggelamkan itu bisa menjadi tempat bermain ikan di laut sehingga ditempat tersebut nantinya banyak ditemui berbagaimacam jenis ikan. (sya)