batampos.co.id РWalikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan Tim Panitia Seleksi (Pansel) telah menyepakati 10 formasi jabatan yang akan dilelang (open biding) oleh Pemko Tanjungpinang. Direncanakan open biding tersebut dibuka pekan depan.

“Proposal dan format open biding sudah kita serahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Tinggal menunggu persetujuan saja, insyaallah pekan depan sudah bisa dibuka pendaftarannya,” ujar Lis ketika dikonfirmasi, Senin (6/2).

Dari 10 formasi jabatan yang dilelang, kata dia, tujuh formasi khusus diperuntukan pejabat eselon III dan II Pemko Tanjungpinang. Diantaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan (PRKPKP), Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), serta Staff Ahli Bidang Hukum, Staff Ahli Bidang Keuangan, dan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.

Sedangkan lelang jabatan yang dibuka untuk umum, lanjutnya, ada tiga formasi. Yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Awalnya hanya sembilan formasi. Tapi ada kesepakatan lagi untuk menambah Satpol PP. Jadi yang diopen biding genap 10 formasi,” jelasnya.

Ditanya tujuan dilakukannya open biding untuk umum, Lis mengaku saat ini Pemko Tanjungpinang masih kekurangan pejabat eselon II. Bahkan pejabat pratama yang ada belum mempuni untuk mengisi tiga dinas tersebut. Maka untuk menutupi kekurangan itu, Pemko Tanjungpinang membuka tiga bidang untuk umum.

“Pejabat yang kita punya belum memiliki SDM yang cukup untuk mengisi tiga dinas itu. Maka kami persilahkan untuk pejabat dari kabupaten dan kota serta provinsi untuk mengisinya,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan format dan proposal open biding yang diajukan Tim Pansel akan diserahkannya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Saya lagi di Jakarta. Mau serahkan berkas open biding ke KASN, semoga saja bisa disetujui hari ini juga,” ujarnya ketika dihubungi.

Jika berkas open biding KASN sudah disetujui, maka pekan depan akan dilaksanakan pengumuman pembukaannya. Bagi pejabat yang berminat akan diberikan waktu selama 15 hari untuk memilih dan melengkapi segala administrasi dan persyaratannya.

“Urusan open biding akan ditangani Tim Pansel. Dari melaksanakan verifikasi berkas hingga mengumumkan kelulusannya,” ungkapnya. (ary)

Respon Anda?

komentar