Iklan

batampos.co.id – Kinerja pemerintah daerah kabupaten kepulauan Anambas meski diperbaiki. Pasalnya, berdasarkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) untuk kinerja tahun 2015 yang disampaikan pada tahun 2016 kemarin, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan nilai C.

Iklan

Zuhkrin Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan hasilnya baru diperoleh pada tahun 2017 ini dan disampaikan di bandung langsung oleh Menpan RB Bapak Asman Abnur.

Lebih jauh Zuhkrin mengemukakan, banyak hal yang mesti ditingkatkan oleh pemerintah daerah agar penilaian terus meningkat, diantarannya yakni Publikasi dokumen RPJMD dan dokemen renstra SKPD melalui Website Pemerintah.

“Selain itu kinerja pemerintah daerah harus didadasari pertimbangan yang terukur dan memiliki Standard Operasional Prosedure (SOP) tekhnik pengumpulan data yang dapat diandalkan,” jelasnya.

Langkah yang diambil pemerintah daerah adalah dengan meminimalisir kelemahan-kelemahan pada tahun 2015 silam diantaranya yakni kesesuaian RPJM dan Renstra Rencana Kerja Pemerintah daerah dan Renja SKPD. “Setelah itu harus mengoptimalkan website dalam pembangunan daerah,” ungkapnya.

Dasar hukum laporan hasil Evaluasi dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah daerah adalah peraturan pemerintah daerah no 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja Instansi Pemerintah daerah dan Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2015 tentang SAKIP.

“Sedangkan yang melakukan pelaksanaan adalah Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepri, atas nama Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata zukhrin.

Penilaian yang dilakukan tersebut untuk menunjukan tingkat efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran yang masih banyak memerlukan perbaikan jika dihubungkan dengan capaian kinerja kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi pada hasil di Anambas. “Diharapkan kedepan penilaiannnya terus membaik dan mendapatkan angka maksimal,” tutupnya.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, sebelumnya juga pernah menyampaikan hal yang sama. Kata haris selama ini Anambas masih
mendapatkan nilai C, sehingga kinerja aparatur pemerintah daerah harus diperbaiki sehingga dapat meningkatkan kinerja. *