batampos.co.id – Abrasi pantai pulau kecil Penaah kecamatan Senayang semakin parah. Kondisi ini ancam hilangnya pulau kecil dan telah mengakibatkan rusaknya fasilitas bangunan di desa pariwisata tersebut, Selasa (7/2).

Pantauan di lapangan, gazebo yang dibangun di atas pantai busung menunjang desa pariwisata tersebut banyak yang rubuh. Abrasi pantai juga akibatkan jalan wisata pantai terputus. Fasilitas pariwisata yang dibangun pemkab rusak dan tak terurus.

Pada tahun 2016 lalu, hal ini telah disampaikan pihak desa kepada dinas terkait. Namun belum juga ada tanggapan dan upaya pencegahan abrasi. Baik upayan pemasangan pemecah ombak maupun penahan bibir pantai dari pemerintah daerah.

“Abrasi sudah pernah kami sampaikan kepada pemerintah daerah. Karena fasilitas pariwisata di pantai Busung aset pemerintah,” kata Kades Penaah, Abang Marwan beberapa waktu lalu.

Dikhawatirkan jika tidak ada upaya perbaikan akan mengancam objek pariwisata tersebut.Sementara itu, Dinas Pariwisata Lingga melalui kasi Distenasi Zalmidri pada akhir tahun 2016 lalu berjani untuk melakukan pembenahan aset pariwisata pemkab. Namun sampai saat ini, kondisi dilapangan yang semakin parah belum juga ada perbaikan sama sekali.

Lebih parah lagi aset berupa homestay yang telah dibangun juga tidak terurus. Bangunan mulai rusak dan dipenuhi semak belukar. (mhb)

Respon Anda?

komentar