ilustrasi

batampos.co.id – Hai girls… masih suka kenakan sepatu hak tinggi atau stiletto?

Yuk simak ulasan dampak negatif penggunaan sepatu hak tinggi yang terlampau sering seperti dilansir Boldsky, Rabu (8/2).

1. Efek Negatif Pada Kaki

Memakai sepatu hak tinggi membuat telapak kaki tidak datar menapak tanah atau lantai. Sepatu hak tinggi membuat tumit kaki lebih naik dan tinggi sementara jari kaki ada di bagian bawah dan menukik. Posisi ini, ketika terus menerus untuk waktu yang lama dapat membatasi aliran darah ke kaki sehingga menyebabkan rasa sakit di kaki dan cedera. Selain itu, titik tumpu paling besar untuk menopang berat tubuh hanya pada jari-jari kaki. Akibatnya bisa juga menyebabkan kerusakan tulang kaki.

2. Efek Negatif Pada Tulang Belakang

Ketika menggunakan sepatu datar yang membuat kaki rata menapak lantai atau tanah, membuat tulang belakang tetap dalam kurva berbentuk S dan tidak stres. Tetapi jika memakai sepatu hak, tulang belakang akan menjadi datar dan lurus. Akibatnya nyeri dan cedera serius dapat terjadi pada tulang belakang.

3. Efek Negatif Pada Lutut

Banyak orang yang memakai sepatu hak tinggi secara teratur mengeluh sakit lutut. Tentu saja, saat berjalan dengan sepatu hak tinggi, lutut akan membungkuk di posisi yang tidak wajar, sehingga menyebabkan ketegangan pada sendi lutut. Sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan osteoarthritis pada lutut. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar