Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Kepri di jalan WR Supratman Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi di Tanjungpinang mendapatkan anggaran sebesar Rp153 miliar lewat APBD Tahun Anggaran (TA) 2017 ini. Sekretaris Komisi IV DPRD Kepri, Dr Yusrizal mengharapkan dengan adanya alokasi anggaran tersebut, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga harus lebih baik.

“Ya memang sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp153.400.000.000 bagi RSUD Provinsi yang di Tanjungpinang. Sekitar Rp42 miliar merupakan sumbangan dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Kepri sendiri,” ujar Dr Yusrizal menjawab pertanyaan Batam Pos, Rabu (8/2) di Kantor DPRD Provinsi Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Menurut politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dapil Karimun tersebut, secara detail sudah disampaikan pihak RSUD Provinsi yang sekarang sudah ditetapkan namanya RSUD Raja Ahmad Tabib kepada Komisi IV DPRD Provinsi Kepri. Akan tetapi, dirinya tidak bisa untuk menjelaskan secara rinci peruntukan anggaran tersebut.

“Gambarannya tentu untuk biaya rutin, gaji honorer, dan operasional. Kalau anggaran yang berasal dari BLUD mereka bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan mereka,” papar Yusrizal.

Disinggung mengenai masih adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan di RSUP, pria yang akrab disapa Yusrizal tersebut mengakui, RSUD Raja Ahmad Tabib merupakan rumah sakit yang masih dalam tahap pembangunan. Bahkan, meskipun sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan bagi daerah-daerah seperti Lingga, Natuna dan Anambas. Akan tetapi masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki.

“Disana masih belum ada dokter spesialias jantung. Tentu untuk memenuhi pelayanan harus dirujuk ke Batam. Karena memang Batam yang lebih lengkap kebutuhan medisnya,” tutup Yusrizal.

Dari data yang dihimpun Batam Pos, lewat APBD 2017 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri akan mendapatkan bagian sebesar Rp68.999.278.075 dari total APBD Kepri senilai Rp3.360 triliun. Kemudian, Pemprov juga memploting anggaran untuk RSUD Provinsi di Tanjunguban sebesar Rp37.032.160.000.(jpg)

Respon Anda?

komentar