Wali Kota Batam M Rudi tinjau proyek pelebaran jalan di Jodoh – Nagoya, Batam, Kepri.

batampos.co.id – Molornya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2017 berimbas terhadap pelbagai proyek fisik yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Antara lain, proyek pembangunan dan pelebaran jalan di tujuh titik di seluruh Batam sepanjang tahun ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, setelah APBD 2017 disetujui pada Januari lalu, pihaknya mengaku bergegas menyiapkan pelaksanaan proyek-proyek fisik tersebut. Hanya saja, proses lelang proyek belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat mengingat ada tahapan yang harus dilalui.

“Mulainya mungkin Mei, karena timnya harus disiapkan dulu, tak bisa langsung (masuk tahap lelang),” kata Rudi, Rabu (8/2).

Sebelum masuk ke proses lelang, kata Rudi, masih ada tahapan konsultasi perencanaan konstruksi atau Detail Engineering Design (DED) yang harus dilewati. Sehingga, proyek fisik yang akan dibangun sesuai dengan perencanaan.

“DED kan sebentar saja, yang penting dipaparkan dan sesuai dengan keinginan dan perencanaan saya, lanjut,” ujarnya.

Untuk memastikan itu, Wali Kota menyatakan bakal mengawal ketat tahapan demi tahapan tersebut agar di kemudian hari tak ada pembangunan yang tak sesuai perencanaan dan memboroskan anggaran.

“Ini sebentar lagi mau dipaparkan, hari ini (kemarin) juga,” ungkapnya.

Wali Kota optimistis, meski lelang baru dimulai bulan Mei namun diperkiraan tetap akan selesai tepat waktu di penghujung tahun mendatang.

“Tahun lalu juga dimulai Mei, tak masalah,” kata Rudi.

Adapun, beberapa proyek fisik berupa pembangunan dan pelebaran jalan yang akan dilakukan Pemko Batam tahun ini difokuskan untuk jalan di beberapa titik, yakni

  • dari depan Hotel Planet Holiday Jodoh melewati Tanah Longsor hingga ke simpang tiga The Hills Hotel.
  • jalan dari simpang tiga Apartemen Harmoni Nagoya hingga ke simpang empat Baloi Center,
  • simpang tiga Telkom Pelita menuju ke simpang tiga Raden Patah,
  • simpang Telkom Pelita hingga ke terowongan (under pass) Pelita,
  • dari Terowongan Pelita hingga ke simpang BNI Seipanas, simpang BNI Seipanas hingga ke simpang Frengki Batamcenter,
  • simpang BNI hingga ke simpang Jam. (rna)

Respon Anda?

komentar