Salah satu rumah warga miskin di Tanjungbatu. Foto : batampos

batampos.co.id – Program bedah rumah ataupun bantuan rumah tidak layak huni (RTLH), dinilai warga sangat membantu. Sebab, melalui progra, RTLH, warga kurang mampu dapat merasakan tinggal di rumah layak huni.

Seperti dirasakan Srimustika, warga RT 02 RW 03 Desa Sungai Ungar. Dikatakan, melalui bantuan bedah rumah keluarganya sangat terbantu. Sekarang ia tinggal di rumah bantuan pemerintah tidak harus khawatir roboh lagi.

“Alhamdulillah, berkat program RTLH, kami sekeluarga sekarang tidak perlu khawatir lagi basah kalau turun hujan,” aku Srimustika, Kamis (9/2) kemarin.

Di sisi lain masih ada sejumlah warga miskin yang sampai sekarang belum mendapatkan bantuan bedah rumah dari pemerintah tersebut. Kendala yang sering ditemui disebabkan warga miskin tinggal digubuk sementara lahannya milik orang lain. Sementara syarat untuk mendapatkan bantuan RTLH status tanah harus milik warga itu sendiri.

Sudirman, Ketua RW 02 Gadingsari mengaku, kendala yang dihadapi saat pendataan. Masih banyak warga kurang mampu tinggal di lahan milik orang lain, sementara syarat mendapatkan bantuan RTLH status tanah milik sendiri.

“Untuk tahun ini tidak ada bantuan bedah rumah tersbeut, untuk itu kami berharap pemerintah kembali melanjutkan program bantuan RTLH tersebut karena sangat membantu warga kurang mampu. Tugas saya hanya mendata selanjutnya menyampaikan ke petugas kelurahan,” tegas Sudirman. (ims)

 

Respon Anda?

komentar