Iklan
Sumber air panas di Dabo Singkep yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota. Foto : Yuliana Dewi/batampos.

batampos.co.id – Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan Lingga miliki potensi energi yang cukup banyak. Salah satunya potensi panas bumi di lokasi pemandian Air Panas di Dabo Singkep. Jika bisa digarap dan dimanfaatkan maka Lingga akan miliki sumber energi baru terbarukan (ETB) yang ramah lingkungan.

Iklan

Hal tersebut disampaikan Awe sapaan akrab bupati Lingga beberapa waktu lalu. Potensi tersebut jelas Awe sudah dilirik sejumlah perusahaan pengembang sektor energi.

“Sudah ada konsorsium dari Taiwan dengan partnernya di Malaysia melirik potensi tersebut. Mereka ingin melakukan survei di titik ini,” ungkapnya belum lama ini.

Dari penjajakan awal bersama investor, diperkirakan suhu panas bumi diatas permukaan berkisar 30 °C. Besar kemungkinan, pada kedalaman tertentu suhunya memadai untuk energi panas bumi.

Investor tersebut kata Awe juga datang langsung ke Lingga dan mengajukan izin kepada Pemkab.

“Calon investor sudah mengajukan izin untuk melakukan studi kelayakan di titik itu. Mereka perlu memastikan tingkat fisibel-nya,” jelasnya.

Jika kedepan pengembangan sektor energi panas bumi ini bisa berjalan dengan baik, potensi yang ada akan bermanfaat banyak untuk masyarakat kabupaten Lingga. Sejauh ini potensi pariwisata pemandiaan air panas cukup berkembang. Dalam sebulan tak kurang dari 2.000 wisatawan lokal dan luar yang berkunjung. (mhb)