batampos.co.id – Berbagai kebutuhan dapur terus melambung. Kenaikan yang signifikan yang dirasakan warga, harga berbagai bumbu dapur seperti cabai rawit. Saat ini harga di pasar Rp85 ribu per kilo, cabai merah harga Rp75 ribu per kilo.

“Semuanya naik, harga cabai yang naiknya banyak,” keluh Rosdiana salah satu konsumen, Jumat (10/2).

Bagaimana tak mengeluh, kata Dian sapaan akrabnya, tadinya harga cabai rawit itu seharga Rp65 ribu per kilo, cabai merah harga Rp60 ribu per kilo. Sudah dua pekan ini harga bumbu masakan itu tak turun-turun. Malah harganya makin melambung. Itu baru bumbu cabai saja, artinya belum lagi kebutuhan dapur lainnya yang dibelanjakan.

Kenaikan harga kebutuhan dapur lainnya seperti bawang putih harga Rp40 ribu per kilo, tomat harga Rp36 ribu per kilo, wartel harga Rp28 ribu per kilo, kol harga Rp12 ribu per kilo, gambus harga Rp14 ribu per kilo, bayam harga Rp16 ribu per kilo dan sawi harga Rp18 ribu per kilo,terangnya.

Menurut para pedagang, kenaikan harga kebutuhan dapur itu tergantung harga pasokan dari luar daerah. Karena berbagai kebutuhan dapur sehari-hari itu dipasok dari luar daerah. Jadi karena harga beli melonjak dari luar, mau tak mau harga cabai rawit dan cabe merah itu terpaksa ikut naik termasuk biaya tambang kapal,artinya bahan kebutuhan dapur itu bukan semena-mena dinaikkan untuk mencari keuntungan, tapi kenaikan itu tergantung harga pasokan dari luar daerah ke Moro.(pst)

Advertisement
loading...