Iklan

batampos.co.id – Sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang terus berupaya untuk mempersolek keindahan daerahnya. Baik itu melalui kekuatan Pemerintah Daerah, maupun pihak swasta. Rimba Jaya adalah contoh nyata, adanya peran pihak swasta dalam membantu Pemda melakukan pembangunan dibidang pariwisata. Boleh dikatakan Rimba Jaya adalah Chinatownnya Tanjungpinang.

Iklan

Sekitar tiga tahun lalu, Kawasan Rimba Jaya yang dulunya dikenal dengan sebutan Pinang Marina, hanyalah hamparan lahan kosong. Karena tidak ada bangunan-bangunan berdiri disana. Bahkan kawasan tersebut indentik dengan lokasi strategis masuknya barang-barang ilegal ke Tanjungpinang.

Perlahan kawasan tersebut berubah wajahnya. Bukan di atas lahan kosong yang tandus dulunya kini sudah banyak bangunan-bangunan yang berdiri. Dibawah kendali Rimba Jaya Asri Estate, Rimba Jaya kini menjelma sebagai kekuatan baru bagi distinasi wisata Tanjungpinang.

Aktivitas di kawasan tersebut bermula sejak sore hari sampai tengah malam. Bahkan disana menawarkan banyak tempat santai. Disepanjang area Rimba Jaya sudah dibangun tempat-tempat usaha yang refresentatif. Sehingga akan memanjakan mata setiap yang berkunjung kesana.

Di dalam kawasan tersebut, juga ada Cangkir Food Court yang menyediakan berbagai menu seafood dan makanan-makanan tradisional tionghoa. Depannya juga Canopy Cafe yang siap dengan menu-menu andalannya. Kemudian dibelakang Canopy juga ada Tomo yang menawarkan makanan ala Japanesnya.

Sebelum masuk kawasan Rimba Jaya, juga sudah dibangun car wash. Sehingga pengunjung yang datang, bisa sambil mencuci kendraanya, tanpa harus jenuh menunggu. Apalagi pihak pengembang juga sudah membangun Rimba Supermarket.

Bukan hanya sebatas bisa melakukan rekreasi kuliner, tetapi Rimba Jaya juga menyediakan rekreasi untuk anak-anak dengan berbagai permainannya. Mulai dari permainan air sampai permainan yang menggunakan kemajuan teknologi, seperti haverboard.

Bukan hanya itu, bagi yang suka bermain futsal, disana juga sudah ada Simba Futsal. Sehingga memberikan kenyaman-kenyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung kesana. Kedepan Pemda akan menjadikan kawasan tersebut, sebagai daerah penghubung antara Tanjungpinanng dan Senggarang melalui Jembatan.

“Rimba Jaya sekarang ini, menjadi salah satu tempat favorit wisata di Tanjungpinang bagi orang luar. Karena bisa menikmati kuliner sambil bersantai,” ujar Nabila menjawab pertanyaan Batam Pos, Kamis (9/2) malam lalu.

Dikatakannya, Tanjungpinang sekarang sedikit demi sedikit sudah banyak berbenah. Karena sudah ada beberapa lokasi-lokasi yang bisa dijadikan andalan wisata. Selain Kawasan Tepi Laut, yakni Rimba Jaya. Ia berharap, Pemda terus menata Tanjungpinang menjadi lebih indah kedepannya.

“Kita berharap, Tanjungpinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepri menjadi daerah tujuan wisata kedepannya,” harap Nabila.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan, Pemprov Kepri akan bersinergi dengan Pemko Tanjungpinang dalam menata pembangunan wisata di Tanjungpinang. Apalagi Tanjungpinang merupakan salah satu pintu masuk internasional.

“Memang kemampuan kita terbatas untuk membangunan daerah. Peran swasta tentu sangat membantu menjadikan Tanjungpinang lebih indah lagi,” ujar Buralimar.(Jailani)