Iklan
Eman Ahmed dan proses pemindahannya. (EPA)

batampos.co.id – Eman Ahmed selama 25 tahun hanya tergolek di rumah, tak bisa kemana-mana.

Iklan

Perempuan asal Alexandria, Mesir, akhirnya dibawa ke India naik pesawat cargo yang sudah dimodifikasi untuk menjalani operasi penyelamatan hidupnya.

Perempuan 36 tahun itu sekarang memiliki berat 495 kilogram. Berat badan super itu mengancam jiwanya.

Di India, Eman akan menjalani operasi yang diharapkan bisa membantunya menurunkan berat badan.

Pada Sabtu (11/2) Eman sudah sampai Mumbai dan bersiap menjalani operasi.

Untuk memindahkan Eman butuh usaha ekstra. Kamarnya harus dibongkar agar Eman bisa keluar. Dari kamar, dia diangkut naik crane dan langsung dibawa ke pesawat kargo milik Egypt Air.

Menempuh perjalanan tujuh jam, Eman kemudian dimasukkan truk mini dari Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji untuk ke RS Saifee di Mumbai, India.

”Mengingat Eman sangat besar dan tidak bergerak selama 25 tahun, dia punya risiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi saat perjalanan. Namun kamu sudah melakukan tindakan pencegahan agar itu tidak terjadi,” kata petugas medis RS Saifee.

Eman lahir dengan berat hampir 6,3 kilogram dan didiganosis dengan infeksi parasit elephantiasis yang menyebabkan lengan dan kakinya bengkak. Saat berusia 11 tahun Eman bahkan sudah tidak sanggup berdiri dan harus merangkak bila hendak berpindah tempat.

Sejak saat itu lah, Eman tidak lagi pernah keluar rumah dan tetap berada di dalam kamar. Eman mendapatkan bantuan setelah keluarganya melayangkan permohonan secara online kepada Presiden Mesir Abdel Fattah e-Sisi agar Eman mendapatkan bantuan medis.

Informasi itu kemudian diterima dokter bedah obesitas India Dr Muffazal Lakdawala dan mengatakan akan mengoperasi Eman free.

”Kami sudah melakukan tindakan medis untuk memastikan perjalanan Eman ke India aman dan selamat,” kata Lakdawala. (The Sun/tia)