Jembatan Barelang.
Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kota Batam, Pebrialin mengatakan sedikitnya terdapat15 agenda pariwisata yang akan digelar sepanjang tahun 2017. Agenda ini diharapkan bisa menjadi daya tarik dan meningkatkan kunjungan wisata mancanegara ke Batam.

“Kami bersama dengan pihak swasta, termasuk komunitas pecinta musik jazz sudah menyusun dan menyiapkan agenda-agenda menarik untuk tahun ini,” kata dia, Jumat (10/2).

Selain agenda tahunan tersebut, pihaknya tengah menyusun rangkaian promosi tempat- tempat wisata bersama dengan pelaku pariwisata seperti guide, tour and travel.

“Kemarin kami sudah ada pertemuan dengan pelaku wisata Singapura, dan kami harapkan ada kelanjutan dari pertemuan ini,” sebut dia.

Selain itu, saat ini, pihaknya bersama pengelola tempat wisata seperti wisata pantai, tengah berusaha mewujudkan sapta pesona di tempat-tempat rekreasi. Salah satunya kebersihan arena wisata.

“Kebersihan itu adalah nilai jual. Kami telah menyurati pengelola untuk meningkatkan pelayan, termasuk menyediakan tempat sampah di masing-masing pantai,” ujar mantan Kepala Dinas PMP-KUKM ini.

Saat ini, pihaknya juga tengah mencoba mendatangkan investor untuk mau membangun wahana wisata di Kota Batam.

“Ini membutuhkan biaya yang besar, makanya promosi yang kami lakukan diharapkan bisa membuat investor mau berinvestasi, mengingat Batam merupakan salah satu pintu masuknya wisatawan mancanegara,” ungkapnya.

Upaya ini merupakan salah satu cara untuk mendukung Kota Batam menjadi kota wisata. Sembari menunggu, saat ini yang bisa dilakukan pemerintah adalah mengoptimalkan tempat wisata yang telah ada. Tahun ini Batam ditargetkan 1,7 wisatawan mancanegara.

Sebelumnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi telah merencanakan Batam menjadi kota wisata. Sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, harusnya bisa menjadikan Batam sebagai pilihan destinasi wisatawan mancanegara.

“Wisata diharapkan bisa memberikan kontribusi demi kemajuan Batam,” kata dia. (cr17)

Respon Anda?

komentar