Mini Zoo di Kijang Bintan Timur. Foto : Batampos.

batampos.co.id– Libur akhir pekan, Mini Zoo di Kijang Bintan Timur, ramai dikunjungi warga, Minggu (12/2). Tak hanya warga dari Kijang, namun kebun binatang yang berlokasi di Jalan Tengiri, Kijang dekat kolam wisata bekas penambangan biji Bauskit ini juga ramai dikunjungi warga dari luar daerah, seperti Tanjungpinang, Tanjunguban, bahkan dari luar Kepulauan Riau.

Salah satunya, Sutiono, 48, warga Tanjungpinang, ini sengaja menyempatkan waktu libur sekolah untuk mengajak anaknya melihat beragam hewan yang ada di kebun binatang tersebut.

“Baru pertama kali datang ke sini (Mini Zoo, red). Mumpung libur, sekaligus ajak anak jalan, lihat-lihat hewan yang belum pernah dilihatnya langsung,” ujarnya di Kebun Binatang Mini Zoo, Minggu (12/2).

Dia menilai tempat rekreasi untuk keluarga, seperti kebun binatang di daerah Tanjungpinang dan Bintan, masih sangat minim. Menurutnya selain hanya untuk jalan-jalan, kebun binatang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan imajinasi sang anak untuk mengetahui aneka hewan dengan melihatnya langsung.

“Selama ini anak hanya bisa melihat buaya dari TV saja, sehingga dia terkesan takut. Namun setelah melihat langsung baru lah si anak tau, mulai dari bentuknya seperti apa, dan ketakutannya jadi berkurang,” terangnya.

Sutiono berharap pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan dengan membangun tempat rekreasi baru, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan yang bisa dijadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga.

“Kalau bisa sih, maunya tempat seperti ini (Mini Zoo, red) bisa dibangun juga di tempat lain, sehingga tidak perlu jauh-jauh harus datang ke Bintan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ponijan, 49, pengelola Mini Zoo Kijang, menuturkan saat ini jumlah hewan di kebun binatang tersebut hampir mencapai 20 spesies, dan seluruh hewan ini merupakan hewan dari lokal yang berasal dari berbagai daerah, seperti rusa, burung merak, ular, beruang, monyet, buaya, dan lainnya.

“Memang kebun ini terkesan kecil. Namun pilihan hewan yang bisa dilihat masyarakat lumayan banyak. Dan siapa pun bisa datang melihatnya, gratis,” terangnya.

Dia mengatakan kebun binatang tersebut paling ramai biasanya kunjungi masyarakat saat libur sekolah, dan hari merah.

“Kebun binatang ini sangat banyak diminati masyarakat. Apalagi kalau libur, penuh lokasi ini (Mini zoo, red), ” paparnya.

Pantauan Batam Pos, selain melihat aneka hewan dengan mengelilingi kebun binatang tersebut, banyak juga pengunjung yang mengabadikan kebersamaannya dengan keluarga untuk berfoto bersama. (cr20)

Advertisement
loading...