Pohon palem di Batam Center bergoyang ditiup angin kencang yang melanda kawasan, Senin (13/2). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Batam dalam tiga hari ke depan, akan dilanda angin kencang. Kecapatan angin yang berhembus diatas batas normal. Dimana angin ini bergerak dari utara ke timur laut.

“Kecepatannya sekitar 22 knot perjam,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu pada Batam Pos, Senin (13/2).

Ia mengatakan normalnya angin berhembus pada kecepatan 10 knot perjam. Namun pada Senin (13/2) berhembus dua kali lipat dari biasanya.
Kencangnya hembusan angin tersebut, disebabkan saat ini Batam sedang mendapat pengaruh angin dari utara. “Dari utara itu, angin berhembus tanpa hambatan. Makanya saat ini angin bertiup lebih kencang,” ungkapnya.

Philip mewanti-wanti, agar masyarakat selalu berhati-hati. Sebab angin yang berhembus kencang ini, membuat gelombang di laut menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ia berharap masyarakat selalu memperhatikan kondisi alam saat belayar. Sebab angin kencang seperti ini, sangat berdampak bagi masyarakat yang bersinggungan dengan laut seperti nelayan.

“Karena angin, gelombangnya lebih tinggi dari keadaan normal,” ungkapnya

Dari pantauan BMKG Hang Nadim gelombang di Natuna setinggi 3 meter, di Tanjungpinang dan Bintan dikisaran 2 meter dan Batam pada ketinggian 1.5 meter. (ska)

Respon Anda?

komentar