Iklan

batampos.co.id – Cuaca buruk dan gelombang tinggi menjadi penyebab utama terjadinya insiden lori bermuatan penuh BP 9265 TU menimpa sebuah mobil Avanza putih di dalam kapal motor penumpang (KMP) Barau atau kapal Roll on & Roll off (Roro), yang mengakibatkan mobil Avanza tersebut ringsek pada bagian samping kanan dan belakang, Senin (13/2) sore.

“Benar lori terbalik kemarin. Tapi penyebabnya murni karena cuaca buruk. Kondisinya saat itu gelombang laut tinggi, sehingga keseimbangan mobil tak terjaga, dan akhirnya tali pengkait yang terpasang di lori itu terputus dan langsung terbalik ke samping, kemudian menimpa mobil disebelahnya,” terang Supervisi ASDP Tanjunguban, Hariyanto, di Pelabuhan penyebrangan Roro ASDP, Selasa (14/2).

Hariyanto menuturkan insiden tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, saat kapal sedang berada di perjalanan dari Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam, menuju Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Begitu kapal bersandar disini (Pelabuhan ASDP Tangjunguban, red), lori serta mobil Avanza itu langsung dievakuasi petugas pelabuhan. Tidak ada penumpang yang terluka, hanya mobil yang rusak akan ditanggung penuh oleh asuransi,” jelasnya.

Meskipun insiden tersebut terjadi disebabkan cuaca buruk yang memang sering terjadi akhir pekan ini, namun Pelabuhan ASDP Tanjunguban masih tetap beroperasi melayani penumpang melakukan aktivitas penyebrangan ke Batam dan sebaliknya.

“Aktivitas penyeberangan masih tetap berjalan normal dan belum ada peringatan dari BMKG, terkait pelarangan untuk beroperasi karena cuaca sedang buruk,” imbuhnya.

Pantauan Batam Pos, terlihat aktivitas penyeberangan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban masih normal. Sejumlah penumpang, baik motor dan mobil mengantri menunggu kapal Roro yang akan bersandar. (cr20)