Iklan

batampos.co.id – Cuaca esktrim di perairan Natuna, menyebabkan harga ikan segar jenis tongkol meroket.

Iklan

Harga ikan tongkol di pasar tradisional Ranai Natuna saat ini meroket tajam. Dan membuat warga jantungan. Pasalnya harga biasa sebelumnya hanya kisaran Rp 20 ribu per ekor, kini melambung tinggi menjadi Rp 100 ribu per ekor dijual pedagang.

Tingginya harga ikan tongkol yang menjadi menu hidangan warga Natuna ini diduga disebabkan cuaca ekstrim sejak dua hari terakhir di perairan Natuna.

Mery, 35, warga Ranai mengaku, harga ikan tongkol di pasar tradisional sudah kelewat batas. Sebelumnya masih Rp 50 ribu per ekor, tetapi selang satu hari sudah naik lagi jadi Rp 100 per ekor.

“Aduh, tadi pagi saya hampir saja jantungan di pasar, harga ikan tongkol sampai Rp 100 ribu seekor, mahal betul, mudah-mudahan kondisi tidak lama,” ungkapnya, Selasa (14/2).

Mahalnya harga ikan tongkol di pasar tradisional Ranai ini diakui pedagang, disebabkan ketersediaan ikan seger terbatas dari nelayan. Namun hal ini diduga permainan pedagang. Menurut seorang nelayan di Ranai, ditingkat nelayan paling mahal dijual sekitar Rp 50 per ekor untuk ikan ukuran besar.

Sementara pada hari biasa dengan cuaca mendukung tidak ekstrim, ditingkat nelayan dijual dengan harga kisaran Rp 15 ribu per ekor. Namun ditingkat pedagang, harga ikan dijual kisaran Rp 25 ribu per ekor.

“Kalau sekarang Rp 100 ribu per ekor, sudah jelas permainan ditingkat pedagang atau penampung. Karena ditingkat nelayan, paling tinggi harganya Rp 50 ribu per ekor,” ujar nelayan di Ranai.(arn)