batampos.co.id – Aktor gaek, Harrison Ford hampir saja kehilangan nyawa. Gara-garanya pesawat Husky mesin tunggal yang dipilotinya salah jalan dan hampir menabrak pesawat Boeing 737 yang penuh penumpang.

Aktor yang pernah mengalami kecelakaan pesawat serius pada 2015 itu sebenarnya sudah diinstruksikan untuk mendarat di landasan 20-L di Bandara John Wayne,Orange County, California.

Namun, aktor 74 tahun itu salah jalan dan masuk landasan utama untuk pesawat yang hendak lepas landas. Dia pun harus terbang ke atas melewati pesawat American Airlines nomor penerbangan 1546 yang berisi 100 penumpang dan enam kru.

”Apakah pesawat itu memang harusnya berada di bawah saya?” katanya kepada ruang kendali bandara.

Badan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan ruang kendali bandara sudah memberikan instruksi jelas untuk mendarat di lintasan yang tepat. Pasalnya, mendarat di lintasan utama adalah pelanggaran. Mereka mengatakan, aktor itu pun sudah membaca instruksinya namun tetap turun di lintasan utama tersebut.

Dilaprkan NBC News, pesawat komersial American Airlines yang hampir ditabrak Ford itu akhirnya agak tertunda keberangkatannya. Saat ini, FAA melakukan investigasi atas insiden itu. Jika terbukti Ford melanggar instruksi, maka ada kemungkinan izin terbangnya akan ditarik.

Ford memang memiliki izin menerbangkan pesawat. Namun pada 2015 dia mengalami kecelakaan parah saat pesawat vintage dari era Perang Dunia ke-2 yang ditumpanginya jatuh karena kegagalan mesin. Pesawat itu mendarat dan hancur di lapangan golf Santa Monica. Ford mengalami luka di kepala dan patah lengan.

Namun Ford mendapat pujian karena tetap tenang dan bisa mengendalikan pesawat dengan baik. Sehingga pesawat tidak meledak dan hancur berkeping-keping. Sebelum landing, Ford yang tetap tenang meminta izin mendarat darurat karena mesinnya tidak menyala. Dia mengatakan tidak mungkin terbang sampai Bandara Santa Monica jadi dia memilih mendarat di lapangan golf. (DAILY MAIL/tia)

Respon Anda?

komentar