Iklan
Bandara Hang Nadim Batam. foto:yusuf hidayat/batampos

batampos.co.id – Landas hubung atau Taxiway Bandara Internasional Hang Nadim mengalami kerusakan di beberapa titik. Akibat kerusakan ini, pesawat tidak diizinkan langsung keluar dari apron menuju landasan pacu melewati taxiway jika hendak terbang.

Iklan

“Tapi yang baru mendarat boleh,” kata General Manager Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso pada Batam Pos, kemarin.

Pesawat, kata Suwarso, harus berbelok ke kanan, dengan mengikuti landas pacu hingga titik mulai penerbangan.

“Setelah itu putar balik, lalu terbang,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang mengevaluasi bagian mana saja yang rusak. Serta penyebab kerusakan jalan penghubung apron ke landas pacu tersebut.

“Saat ini kami temukan dua lokasi, dan sudah teridentifikasi,” ucapnya.

Identifikasi untuk kerusakan lainnya diharapkan Suwarso, bisa selesai dalam waktu dekat. Sehingga dilakukan perbaikan, agar tak mengganggu arus penerbangan di bandara.

“Cepat aja, dan tak memakan waktu lama lah,” ungkapnya.

Ia mengatakan kerusakan sekecil apapun, sangat diperhatikan oleh pihak bandara. Hal ini agar tak menimbulkan masalah besar. Sebab dalam dunia penerbangan, keamanan menjadi prioritas pertama.

“Kerusakan kecil tidak boleh diabaikan. Harus segera diperbaiki,”ucapnya.

Selain memperbaiki taxiway, pihak bandara juga telah memperbanyak CCTV dan memperbaiki pagar landas pacu yang rusak pada beberapa waktu lalu. Dan untuk kenyamanan beberapa kios ditertibkan pihak bandara. Agar memberikan ruang yang luas bagi para penumpang. Tak itu saja, toilet bandara juga sedang dalam perbaikan.

“Kami juga ingin memberikan rasa nyaman ke penumpang,” pungkasnya. (ska)