batampos.co.id – Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjunguban, mengamankan kapal MT Pisces GT 416 berbendera Malaysia, tanpa awak di perairan Nongsa, Kota Batam, Kamis (16/2) lalu.

Iklan

Kepala Bagian Operasi (KaOps) Pangkalan (KPLP) Tanjunguban, Sugeng Riyono,
menuturkan kapal ini diamankan saat berlabuh pada posisi 01°-11-963″ N/104°-06-967″ E. Diamankan oleh KN Rantor P-210 yang saat itu sedang melakukan Patroli Keselamatan Maritim (Patkesmar).

“Waktu patroli, tim Patkesmar dapat informasi dari kapal pengawas pipa gas bawah laut CB Petir. Dari informasi itu berlanjut ditemukannya kapal berjenis tanker tersebut,” kata Sugeng, Jumat (17/2).

Dia menjelaskan pengamanan kapal ini dilakukan sekitar pukul 14.20 WIB, dimana KN Rantos P-210 tiba di lokasi dan langsung melakukan pengecekan. Namun dari hasil pemeriksaan secara keseluruhan pada bagian kapal, tidak ditemukan satu pun ABK.

Sementara itu, saat kapal ini ditemukan posisi labuh jangkar tanker tersebut jaraknya sangat dekat dengan jaringan pipa gas di bawah laut, hanya sekitar 400 meter.

“Menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, kapal itu langsung kami amankan, dengan ditarik menggunakan KN Kalimasadha P-115 ke dermaga Pangkalan KPLP Tanjunguban,” terangnya.

Dia menambahkan hingga saat ini, pihaknya masih belum mengetahui keberadaan ABK yang sama sekali tidak ditemukan didalam kapal.

“Kapal sekarang sudah di dermaga Pangkalan KPLP Tanjunguban. Kami belum tau penyebabnya secara pasti, dan masih harus melakukan pendalaman lagi,” imbunya. (cr20)