Kapolres Karimun, AKBP Armaini menyerahkan replika kunci sepeda motor secara simbolis kepada perwakilan Kapolsek. Foto: batampos.

batampos.co.id – Polres Karimun, kemarin (17/2) menyerahkan 24 unit kendaraan bermotor (Ranmor) jenis sepeda motor kepada setiap Polsek di Kabupaten Karimun. Kendaraan ini untuk menunjang pekerjaan anggota polisi yang ditugaskan sebagai bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas).

Sesuai dengan peruntukkannya dari Mabes Polri, sepeda motor ini diberikan untuk polisi yang bertugas sebagai Babinkamtibmas yang ada di tingkat Polsek. Sehingga, dengan adanya sepeda motor ini anggota Babinkamtibmas bisa menjangkau wilayah kerjanya yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.

“Dari 24 unit sepeda motor ini, jenisnya ada dua. Yakni, jenis sepeda motor trail dan sepeda motor biasa,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Armaini kepada Batam Pos.

Masing-masing Polsek, kata Kapolres, jumlah sepeda motor yang diterima tidak sama. Karena, sebelumnya juga sudah ada penyerahan. Artinya, penyerahan kali ini sifatnya tambahan. Misalnya, untuk Polsek Buru sebelumnya sudah menerima beberapa unit sepeda motor. Untuk saat ini hanya diberikan dua unit. Kemudian, untuk Polsek Moro diberikan 6 unit. Karena, memang jumlah di Polsek Moro masih kurang.

Armaini mengingatkan kepada anggota Babinkamtibmas yang menggunakan sepeda motor dinas ini agar dapat menjaga dan merawatnya. Artinya, jangan hanya tahu menggunakan atau memakai saja, tapi tidak mau merawat. Kalau rusak segera diperbaiki dan jangan lupa untuk mengganti oli. “Biaya perawatan juga ada. Selain itu, gunakan sepeda motor tersebut benar-benar untuk kepentingan tugas pelayanan kepada masyarakat di wilayah yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Ditambahkan Amaini, salah satu tugas dari Babinkamtibmas baik di desa dan di kelurahan adalah melaksanakan patroli dan menjalin hubungan di masyarakat. Sehingga, jika ada hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa langsung disampaikan kepada Babinkamtibmas, khususnya yang berkaitan dengan masalah keamanan. Untuk itu, kepada para Babinkamtibmas dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Dan, selalu membuat laporan kepada atasannya masing-masing. (san)

Advertisement
loading...