Batampos.co.id – Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan pendaftaraan lelang jabatan (open biding) untuk sembilan formasi Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) sudah dibuka sejak 13 Februari. Namun tak satupun pejabat dari eselon II dan III yang mendaftarkan diri untuk berkompetisi diopen biding tersebut.

Iklan

“Belum ada satupun yang mendaftar. Maka kami gelar sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada pejabat tentang mekanisme open biding tersebut,” ujar Riono usai membuka sosialisasi tersebut di Aula Lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (20/2).

Formasi JPT yang dilelang, kata Riono, diperuntukan pejabat internal Pemko Tanjungpinang dan pejabat dari kabupaten/kota atau provinsi di Kepri. Khusus internal, lanjut Riono, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan (PRKPKP), Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), serta Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum, dan Kemasyarakatan.

Sedangkan untuk pejabat dari kabupaten/kota dan provinsi, sambung Riono, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan.

“Pejabat internal pemko harus bisa berpartisipasi dalam open biding. Begitu juga pejabat eksternal, vertikal maupun kalangan TNI dan Polri mau berkompetisi disini,” beber Riono yang juga menjabat sebagai Sekda Pemko Tanjungpinang ini.

Disindir ada pejabat titipan yang menduduki sembilan formasi itu, Riono menjamin tidak ada satupun pejabat titipan dari manapun dalam open biding ini. Sebab pelaksanaan open biding tersebut merupakan pertama kali dilakukan Pemko Tanjungpinang. Sehingga dilakukan secara terbuka, transparan dan bebas untuk semua kalangan.

Riono berharap pejabat eselon II dan pejabat eselon III yang memiliki kecukupan pangkat, golongan, dan syarat memiliki keberanian bersaing diopen biding ini. Dan segera mendaftarkan diri karena pendaftarannya dibuka dari 13 Februari sampai 7 Maret mendatang.

“Saya berani jamin tak ada pejabat titipan. Apalagi open biding ini perdana, pastinya kami ingin pelaksanaannya berjalan sukses. Sehingga dibuka untuk umum juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan sosialisasi ini dilakukan agar pejabat eselon II dan III memiliki pemahaman tentang pengisian JPT. Kemudian agar mereka mengetahui tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam pelaksanaan kerjanya.

“Kami akan lakukan sosialisasi ini selama dua hari. Semoga dengan kegiatan ini mampu memotivasi pejabat-pejabat untuk ikuti open biding,” katanya. (ary)