Iklan
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyerahkan DPA 2017 ke OPD di Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (20/2) malam. F. batampos.

batampos.co.id – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyerahkan secara langsung Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada 33 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Lantai III, Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin (20/2) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Mulai besok saya banyak agenda di luar daerah. Jadi penyerahaan DPA terpaksa dilakukan malam hari,” ujar Lis.

Lis mengakui jika penyerahan DPA tahun ini sedikit terlambat dibandingkan tahun lalu. Sebab banyak kendala yang dihadapinya dalam mensinkronkan anggaran dengan program yang dilaksanakan. Namun diharapkan pencairan dananya bisa lebih cepat sehingga program-program yang berada di 33 OPD juga bisa berjalan dan selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

“DPA yang kami serahkan sebesar RP 921,5 miliar. Dana itu terbagi untuk belanja tidak langsung sebesar Rp 372,01 miliar dan belanja langsung Rp 549,48 miliar,” katanya.

Program tersebut, kata Lis, yaitu optimalisasi sektor pendidikan dan kesehatan, pemantapan pembangunan infrastruktur wilayah, pertumbuhan ekonomi regional berbasis komoditi lokal dan pengembangan ekonomi andalan sebagai Kota perdagangan dan pariwisata.

Berikutnya, penanganan persampahan secara terpadu serta pengurangan potensi ancaman bencana, optimalisasi tata kelola pemerintahan yang good goverment dan peningkatan pelayanan publik, serta pemberdayaan budaya lokal dan pengembangan sektor wisata.

“Kami minta OPD tidak hanya sekedar mensukseskan program sesuai alokasi dana. Tapi juga mampu berkontribusi besar ke PAD,” jelasnya.

Besar harapan Lis 33 OPD bisa mengevaluasi kelemahan dan kekurangan kinerja di tahun lalu. Kemudian mampu bekerja lebih kreatif, inovatif dan tidak bermasalah dengan hukum. Sehingga 646 kegiatan yang berada dalam 244 program dapat diselesaikan dengan baik.

“Kami minta 646 kegiatan selesai tahun ini. Jadi OPD harus bekerja keras dengan kecerdasan dan keikhlasan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tanjungpinang, Darmanto mengatakan penyerahaan DPA ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan APBD 2017. Dengan subtansi peralihan tanggungjawab dari pengelola keuangan daerah kepada seluruh OPD selaku pengguna anggaran.

“Kami harapkan pelaksanaan kegiatan sesuai DPA. Jadi lakukanlah dengan tertib administrasi, tepat sasaran dan percepatan.

DPA yang diserahkan kepada 33 OPD, kata Darmanto, memiliki 244 program. Didalamnya ada 646 kegiatan dengan total alokasi dana sebesar Rp 549,48 milar.

Dengan rincian itu, lanjut Darmanto, OPD bisa bertanggungjawab atas isi pelaksanaan DPA. Dari formil maupun material sehingga dapat membawa dampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“OPD diminta bisa satukan langkah dan laksanakanlah sistem keuangan dengan pertanggunjawabkan penuh. Tapi ingat, jangan sampai pekerjaan menumpuk diakhir tahun,” pungkasnya. (ary)

Advertisement
loading...