Rabu, 24 April 2024

Empat Desa Idamkan Fasilitas Air Bersih

Berita Terkait

batampos.co.id – Empat desa di Kecamatan Lingga Timur usulkan program pembangunan fasilitas air bersih dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Persoalan fasilitas dasar ini masih jadi kendala wilayah timur pulau Lingga tersebut.

Diantaranya desa Sungai Pinang, Keton, Pekaka dan Kerandin. Minimnya sumber air dan curah hujan yang kurang membuat wilayah timur Lingga ini kerap dilanda kekeringan.

Kades Sungai Pinang, kecamatan Lingga Timur Diyau Rusdi mengatakan fasilitas dan sarana air bersih menjadi usulan prioritas desa. Untuk itu, pihaknya mengusulkan dalam kegiatan musrembang kecamatan.

“Prioritas kami di desa adalah pembangunan fasilitas air bersih di Ulu Mergung, lokasi sumber air. Rencana pakai ADD, namun butuh dana besar. Maka kami usulan di Musrenbang,” ungkapnya.

Usulan sarana prasarana air bersih bukan hal baru yang diusulkan desa. Kata Diyau, sudah bertahun-tahun desa mengidamkan adanya fasilitas air bersih untuk pusat ibukota kecamatan Lingga Timur tersebut. Namun belum juga dapat terealisasi.

Dilanjutkan Diyau, pihak desa sudah melakukan survei terhadap sumber air. Berada tak jauh dari desa yakni Ulu Mergung. Saat musim panas ataupun kemarau berlangsung, sumber air tidak kering. Diayau berharap, pemkab Lingga melalui ABPD dapat menfasilitasi sarana prasarana kebutuhan air bersih.

“Persoalan desa saat musim kemarau. Kalau saat hujan, air cukp. Kami berharap dibangun bak penampung dan instalasi jaringan air dan bisa dipasang kerumah-rumah warga,” jelasnya. (mhb)

Update