Nokia 3310

batampos.co.id – Nokia 3310 dikabarkan lahir kembali di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 pada akhir bulan ini. Ponsel ini diproduksi pada tahun 2000. Di seluruh dunia ponsel monokrom ini laku sebanyak 126 juta unit. Benarkah akan dirilis ulang?

Sejauh ini kabar itu sekadar bual-bual kedai kopi saja. Kendati rumor ini terus dan terus tersebar di media sosial, gemanya tak sampai di Batam, yang notabene penduduknya cukup aktif dalam bergonta-ganti gawai.

Sejumlah pemilik lapak gerai jual-beli ponsel di Lucky Plaza bahkan sempat terkejut ketika ditanya mengenai Nokia 3310.

“3310 itu hape lama. Mana lagi ada yang jual,” ucap Awi, seorang pedagang ponsel, Selasa (21/2).

Bukannya menerangkan pasal rumor reproduksi sang legenda Nokia 3310, Awi justru menawarkan varian produk lain dari pabrikan Nokia setahun dua belakangan. Sudah pasti, yang ditawarkan Awi adalah jenis ponsel pintar yang sudah berbasis Android dan bisa digunakan untuk mengakses internet. Sangat berkebalikan dengan Nokia 3310 yang berlayar monokrom dan hanya sebatas mampu berkirim pesan, memanggil, dan gim-gim sangat sederhana.

“Hape itu (Nokia 3310, red) zaman saya muda. Sekarang mana ada yang pakai atau jual lagi,” tambah Awi.

Senada diutarakan pedagang lain di bilangan Lucky Plaza. Rumor kehadiran kembali Nokia 3310 masih belum ada kejelasan. Diakui oleh Ninoy Yudit, yang sudah bertahun-tahun menekuni kerja jual-beli ponsel.

“Kalau sekarang, Nokia yang lagi booming itu Nokia 6 yang dirilis 2017 ini,” ujarnya.

Varian mutakhir dari vendor Nokia itu belum masuk di Indonesia. Tapi sudah secara resmi dijual di beberapa negara. Hal ini, kata Ninoy, menyebabkan beberapa pengguna antusias dan penasaran. Bahkan dari sejumlah warta dunia, konon pencarian Nokia 6 di internet berada di daftar peringkat teratas.

“Karena fiturnya yang menggiurkan. RAM-nya 6 gigabyte,” ujar Ninoy, yang juga mengaku tak kalah penasarannya dengan kehadiran ponsel tipe ini di Batam.

Meski telah mengaduk-aduk rasa penasaran, Ninoy memastikan Nokia 6 belum menyentuh tanah air. “Bisa jadi awal bulan depan. Sejauh ini via google saja paling bisa dicari infonya,” ujarnya.

Kebangkitan kembali Nokia 3310 terindikasi disambut gembira banyak kalangan. Bahkan ada yang membuat konsepnya, seperti Concept Creator yang mengetengahkan desain Nokia 3310 versi mereka.

Dalam konsep ini, Nokia 3310 membawa sejumlah peningkatan dari sisi hardware dan fitur. Namun desainnya yang ikonik tetap dipertahankan. Ada kamera di bagian belakang, tepat di atas logo Nokia. Kemudian layarnya berwarna seukuran 1,5 inch dari yang sebelumnya hanya hitam putih.

Namun itu baru sebatas prakiraan belaka. Sebab, Ninoy sendiri pun sangsi mengenai kemungkinan diproduksi ulang ponsel yang pernah ia pakai ketika di bangku sekolah menengah atas.

“Udah jadullah itu. Tinggal kenangan saja,” pungkasnya. (aya)

Respon Anda?

komentar