Wakapolres Anambas Kompol Karnoto memakaikan helm kepada salah seorang pengendara yang melintas di depan Mapolres Anambas kemarin. Foto: Sya/batampos.

batampos.co.id – Polres Anambas membagikan helm kepada masyarakat Selasa (21/2). Ini merupakan bentuk tahap awal sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menggunakan helm dalam berkendaraan. Pasalnya selama ini dari mulai Anambas sebelum dimekarkan hingga berdiri kurang lebih hampir 9 tahun, masyarakat Anambas tidak ada yang mengenakan helm saat mengendarai motor.

“Saat ini baru sekitar 100 helm karena yang lainnya belum tiba di Anambas, helmnya masih di Batam,” ungkap Kapolres Anambas AKBP Junoto kepada wartawan Selasa (21/2) usai penyerahan helm kepada masyarakat.

Menurutnya untuk tahap awal ini pihaknya akan menyerahkan sekitar 1000 helm kepada masyarakat kemudian tahap kedua nanti juga akan ada 1000 helm lagi jadi totalnya ada 2000 helm yang akan dibagikan. “Target kita nanti akan bagikan 2000 helm,” ungkapnya didampingi Wakapolres Anambas Kompol Karnoto.

Setelah helm nantinya dibagikan semuanya, maka berikutnya pihaknya akan melakukan penekanan agar masyarakat wajib mengenakan helm kemana saja perginya. Walaupun hanya berkendara di jalan gang sekalipun harus tetap mengenakan helm. “Begitu keluar rumah harus mengenakan helm,” ungkapnya.

Junoto menargetkan masyarakat akan tertib memakai helm dalam waktu satu tahun. Setelah itu pihaknya akan memberikan penekanan-penekanan lain seperti kelengkapan kendaraan dan sebagainya. “Kita targetkan satu tahun sudah harus rapi, baru kita tingkatkan kepada ketertiban lainnya,” jelasnya.

Dirinya juga menargetkan agar di Anambas ini nantinya bisa disamakan dengan daerah lain yang ada di Kepri ini. Namun diakuinya itu tidak mudah karena pihaknya harus mengedepankan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat agar masyarakat secara mandiri sadar akan pentingnya keamanan dalam berkendara. “Untuk ke depan kita tetap akan samakan dengan daerah lain,” jelasnya.

Jika setelah masa sosialisasi selesai namun pelanggaran-pelanggaran juga masih ditemui maka pihaknya tidak segan-segan akan melakukan tindakan kepada pengendara yang bandel. “Sambil jalan, nanti jika seluruh peralatan kita sudah lengkap kemudian masih ada pengendara yang bandel, kita akan berikan tindakan,” tutupnya. (sya)

Respon Anda?

komentar