GAIA Love

batampos.co.id – “Kapal ini memiliki tiga lantai, yakni lower deck, median deck dan up deck. Ini adalah kapal terbaik dan tercanggih di Asia Tenggara,” kata Komisaris PT Bahtera Bahari Shipyard, Hengky Suryawan, bangga.

Iklan

Ya, selamat datang di GAIA LOVE, kapal hasil rancangan PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS) Batam.

Kapal ini resmi diluncurkan di Nongsa, Batam, Kepri, Selasa (21/2). Kapal ini diklaim sebagai kapal tercanggih dan terbaik di Asia Tenggara di kelasnya.

Hengky menyebutkan bagian median deck dirancang dengan dekorasi yang mirip dengan ballroom hotel.

“Ini untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang nantinya,” ucapnya.

“Kapal ini sudah memiliki rangkaian perjalanan dalam satu tahun ke depan. Semua sudah dijadwalkan,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama PT BBS Selamat Budiman mengatakan ide pembuatan kapal ini, bermula dari hobi adiknya. Akibat selalu menaiki kapal milik orang lain.

“Terpikirlah, kita bisa bikin kapal. Kenapa tidak buat kapal sendiri, mengakomodasi hobi dan juga mengembangkan bisnis,” ujarnya.

Nama Gaia diambil dari bahasa Yunani, yang berarti Dewi Bumi. Dengan menambahkan kata “love”, Selamat mengatakan ingin mengajak semua orang akan mencintai bumi.

“Ada pesan-pesan khusus yang kami sampaikan juga dari GAIA LOVE ini. Mari mencintai bumi, cegah ilegal fishing dan pengerusakan terumbu karang,” tuturnya.

Sementara itu pengelola Gaia Love Tresya mengatakan untuk dua bulan ke depan GAIA LOVE akan menjalani trip ke Pulau Tioman, Malaysia dan Anambas, Kepri. Trip yang dilakukan berjangka waktu selama tiga hari saja. Dimana satu harinya, calon penumpang dapat membayar kisaran 500-600 Dollar USA.

“Dan hanya bisa menampung sebanyak 22 orang saja, sebab untuk menyelam itu tak bisa ramai-ramai,” ungkapnya.

Untuk pangsa pasar yang dikejar oleh GAIA LOVE yakni wisatawan dari Eropa dan Amerika. Tresya menyebutkan pihaknya sangat mendukung program pemerintah untuk pengembangan wisata bahari.

“Untuk Kepri, kami baru menemukan satu titik spot penyelaman di Anambas. Nanti akan kami cari dan kembangkan lagi, dengar-dengar di Lingga juga ada tempat penyelaman yang juga bagus,” tuturnya.

Pemesanan GAIA LOVE ini melalui website www.divegaia.com. Tresya menyebutkan sebaiknya pemesanan dilakukan jauh-jauh hari sebelum dimulainya perjalanan.

Booking dulu, sebab saat ini saja sudah ada yang memesan untuk perjalanan GAIA LOVE,” ujarnya.

Selain itu, Tresya menyarankan bagi para peminat yang ingin ikut Kapal GAIA LOVE, haruslah memiliki sertifikasi menyelam.

“Bila tidak, kami tak bisa mengizinkan untuk ikut,” tuturnya.

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menyambut baik keberadaan Kapal GAIA LOVE. Ia mengatakan ini bisa jadi contoh para pengusaha lainnya di Batam, sebagai peluang bisnis baru. Selain itu dapat juga mengembangkan pariwisata bahari di Batam.

“Kita sangat mendukung hal ini,” ujarnya.

Ia yakin bisnis ini bisa maju dengan pesat, sebagai komunitas penyelam cukup besar di dunia. Dan dunia bahari di Indonesia menyimpan potensi besar untuk di eksplorasi.

“Mudah-mudahan bukan cuman satu ini saja, tapi bisa lebih,” pungkasnya. (ska)