batampos.co.id – Kecamatan Buru terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Mahasiswa STIE Cakrawala Karimun yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pun diajak untuk ikut mendorong masyarakat agar menjaga kebersihan.

”Saya tidak bosan-bosan memberikan pencerahan kepada masyarakat. Bagaimana wilayah Pulau Buru bersih dari sampah,” jelas Camat Buru Helmi, Rabu (22/2).

Sosialisasi ditandai dengan penyerahan beberapa unit tong sampah di Pasar Buru. Sebagai tanda bukti, bahwa mahasiswa pun sangat mendukung terhadap kebersihan di lingkungan pemukiman masyarakat. Terutama, yang berada di sekitar Pasar Buru supaya membuang sampah tidak sembarangan lagi.

”Walaupun sudah ada petugas kebersihan, akan tetapi kesadaran masyarakat yang paling penting terhadap menjaga lingkungan supaya bersih. Intinya sih, kita ingin Buru sebagai kota wisata religius bersih. Dan ini harus semua mempunyai peranan dalam menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang tinggal di tepi pantai, diimbau untuk tidak membuang sampah ke laut. Alangkah baiknya, sampah-sampah dibungkus menjadi satu, dan diletakkan di dalam tong sampah yang sudah ada. Sehingga, dapat membantu para petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah.

”Kalau bukan kita-kita ini, siapa lagi yang menjaga kebersihan lingkungan. Dan kita terapkan, terhadap anak-anak jugalah,” kata Helmi lagi.

Sementara perwakilan mahasiswa STIE Cakrawala Prisman Lalela mengatakan, kegiatan bakti sosial ini sebagai bukti peranan mahasiswa di tengah-tengah masyarakat tetap ada. Sehingga, dapat memberikan contoh kepada masyarakat.

”Ada lima tong sampah plastik yang disebarkan ke pemukiman masyarakat. Ini cukup lumayan bisa tahan lama Pak,” singkatnya kepada Lurah Buru Samad didampingi Camat Buru Helmi. (tri)

Advertisement
loading...