Iklan
Bambang, warga Moro ketika membersihkan sampah di Parit. Foto: Polister/batampos

batampos.co.id -Membersihkan lingkungan tempat tinggal kita tidak harus menunggu moment atau intruksi dari ketua RT atau RW, tapi bisa dilakukan atas inisiatif sendiri. Seperti Bambang (46), warga Moro. Bambang membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di saluran parit lingkungan Kelurahan Moro Timur, Rabu (22/2) kemarin. Termasuk pasir yang ada di parit langsung diangkat. Tujuannya, agar aliran air menuju ke laut lancar, dan tidak tersumbat.

Iklan

”Biar lancar saja Pak. Maklum, sudah dangkal dan banyak sampah di sini. Melalui media inilah, saya berharap kepada masyarakat agar jangan membuang sampah di parit,” ucapnya.

Bambang mengatakan, saluran air parit yang berada di samping rumah tempatnya berjualan makanan itu adalah satu satunya tumpuan pembuangan air ke laut di Kelurahan Moro. Makanya, melihat tumpukan sampah plastik dan pasir tersumbat membuat air tak lancar turun ke laut.

”Peranan kita semualah, untuk menjaga lingkungan agar bersih. Jadi bisa meminimalisir penyakit, maklum cuaca saat ini tidak menentu,” ungkapnya.

Melihat kondisi itulah, kata Bambang pada kesempatan istirahat tak berjualan makanan pagi dimanfaatkannya untuk membersihkan saluran air parit tersebut. Soalnya,aktifitasnya berjualan makanan pada waktu sore hingga malam saja.Karena itulah tiap hari melihat tumpukan sampah jadi tergerak hatinya untuk membersihkan sampah dan mengangkat pasir yang tersumbat.

”Cukup meluangkan waktu sedikit saja. Maklum, saya jualan di sore hari,” singkatnya.(pst)