batampos.co.id – Kepala Sekolah SMAN 2 Singkep, Hendy Wijaya mengatakan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sudah dimulai dengan simulasi. Pada pertengahan bulan Maret mendatang pihaknya akan kembali menggelar persiapan simulasi ke II untuk memantapkan UNBK yang berlangsung pada tanggal 10 April 2017 mendatang.

Iklan

Dikatakan Hendy, khusus di SMAN 2 Singkep pihaknya telah melangsungkan UNBK sejak setahun terakhir. Artinya tahun 2017 adalah tahun kedua.

“UNBK ini sudah tahun kedua. Persiapan simulasi tahap I sudah digelar kemarin. Kami lagi persiapan simulasi kedua,” jelasnya.

Tekhnis pelaksanaan UNBK di SMAN 2 Singkep jelas Hendy, sekolah menggunakan 40 unit komputer. Karena jumlah siswa/siswi yang bakal mengikuti UN sebanyak 120 orang, pihaknya akan membuat 3 sesi agar para siswa bisa bergantian menggunakan komputer yang tersedia.

“Kami ada 71 siswa dan 49 siswi yang mengikuti UNBK. Nanti disediakan 2 ruangan. Masing-masing 20 unit komputer. Dibagi dalam 3 sesi. Mulai pukul 07.00-09.00 WIB untuk 20 orang. Begitu seterusnya sampai sore selama 4 hari,” jelasnya.

Sementara itu, di SMAN 1 Singkep dijelaskan kepala sekolah Hazirun pihaknya baru tahun ini akan melaksanakan UNBK. Sedikitnya 174 siswa ataupun siswi yang akan menempuh ujian nasional.

“Kami baru tahun pertama. Komputer yang tersedia 40 unit. Akan kami bagi dalam 3 ruang dengan 3 proktor dan 3 teknisi. Karena terbatas, kami akan gunakan leptop,” jelasnya.

Pihaknya berharap, bantuan fasilitas dari provinsi segera terealisasi untuk memudahkan sekolah melangsungkan UNBK. ” Kami dapat informasi akan ada bantuan. Tapi sampai sekarang masih belum turun,” tutupnya. (mhb)