batampos.co.id – Gubenur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan Pemprov Kepri akan membantu Pelindo Tanjungpinang untuk menata pembangunan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Pelindo Tanjungpinang sudah menyiapkan anggaran Rp80 miliar untuk pembangunan lanjutan.

“Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tentu tidak ada salahnya bekerjasama dengan BMUD yang kita miliki,” ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun usai berdiskusi dengan GM Pelindo Tanjungpinang, I Wayan Wirawan di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang, Kamis (23/2).

Menurut Gubernur, kawasan Tepi Laut Tanjungpinang adalah wajahnya Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Masih kata Gubernur, bukan jamannya lagi untuk saling gesek dalam melakukan pembangunan. Dikatakan Gubernur, apa yang menjadi harapan dirinya, pelayanan di Pelabuhan SBP Tanjungpinang semakin lebih baik.

“Kita ingin melihat Pelabuhan SBP ini nyaman. Sehingga masyarakat merasakan pelayanan yang maksimal,” papar Nurdin.

Sementara itu, GM Pelindo Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, pihaknya menyambut baik dukungan yang diberikan Gubernur Kepri kepada pihaknya. Dikatakannya, Pelindo sudah membuat design rencana pembangunan yang akan dilakukan di kawasan SBP Tanjungpinang.

“Untuk pembangunan yang sedang kita lakukan sekarang ini, sudah dianggarkan Rp43 miliar. Rancangan pembangunan sudah berkelas internasional,” ujar I Wayan Wirawan.

Menurut I Wayan, pembangunan fasilitas pelabuhan sekarang ini akan berakhir pada awal tahun 2018 mendatang. Kemudian pembangunan akan dilanjutkan dengan penataan gedung utama pelabuhan dan kawasan parkir. Adapun kebutuhan perencanaan adalah sekitar Rp80 miliar. Masih kata I Wayan, pembangunan dilakukan dalam dua tahap.

“Seni bina yang akan digunakan adalah khas Kepri. Untuk pelabuhanan berbentuk kapal. Kemudian gedung depan bercorak buku. Yang melambangkan Gurindam 12,” papar I wayan.

Ditambahkannya, untuk perluasan area pakir, pihaknya memanfaatkan kawasan laut. Dijelaskannya pembangunan yang dilakukan tidak menggunakan sistem reklamasi. Ditegaskannya, butuh waktu untuk menata Pelabuhan SBP Tanjungpinang tampil lebih elegan. Pihaknya yakin, kedepan Pelabuhan SBP bisa memberikan kenyamanan dalam pelayanan.

“Kemampuan kita terbatas, tentu butuh waktu untuk memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang ini, Pak Gubernur siap untuk memberikan dukungan kepada kami,” tutupnya.(jpg)

Advertisement
loading...