batampos.co.id – Puskesmas Tanjungbatu Kundur pada tahun 2017 melakukan serangkaian persiapan dalam rangka menuju akreditasi. Salah satu persiapan dengan menggelar workshop penggalangan komitmen akreditasi bersama lintas sektoral yang berlangsung, Kamis (23/2) kemarin. Acara penggalangan komitmen akreditasi dihadiri Kabid Kesehatan Provinsi Kepri Antony Simatupang, tim pendamping dr. Fony, dan dr. Srihartati.

Dalam keteranganya Antony Simatupang mengapresiasi keinginan kepala puskesmas, seluruh staf dan tenaga medis serta lintas sektoral bertekat menuju akreditasi. Diharapkan keinginan akreditasi puskesmas Tanjungbatu dapat meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

“Saya mengapresiasi keinginan masyarakat lintas sektoral, baik camat, lurah, di Kundur cukup antusias. Keinginan itu harus dibuktikan dengan komitmen akreditasi dengan upaya meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujarnya

Sementara tim pendamping akreditasi dr. Sri Hartati menyampaikan langkah-langkah persiapan menuju akreditasi. Salah satunya, membangun dan membakukan sistem managemen mutu serta sistem pelayanan pada puskesmas.

Ada delapan langkah menuju akreditasi, pertama meminta pendampingan dari dinas kesehatan kabupaten, lokakarya di puskesmas, pelatihan pemahaman standar, dan instrument, pelaksanaan self assessment oleh staf didampingi pendamping, persiapan dokumen yang dipersyaratkan, implementasi, penilaian pra survei akreditas, dan pengajuan penilaian akreditas.

“Tujuan akreditasi untuk proses perbaikan dan kinerja guna meningkatkan mutu pelayanan masyarakat. Sehingga dengan status akreditasi pelayanan benar-benar dirasakan masyarakat,”terang Sri Hartati.

Sementara Kepala Puskesmas Tanjungbatu Sumiran, SKM mengaku siap dan komitmen melangkah menuju akreditasi. Dengan dukungan lintas sektoral, dirinya optimis puskesmas Tanjungbatu tahun 2017 dapat meraih akreditasi. Lebih lanjut dikatakan penilaian akreditasi penting, namun yang terpenting dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. (ims)

Respon Anda?

komentar