Iklan
Petugas memadamkan api yang nyaris membakar rumah warga di jalan Haji ungar Tanjungpinang, Kamis (23/2). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah milik Nursih, 63, di Jalan Haji Ungar, Lorong Belitung, nomor 25, RT 04 RW 03, nyaris ludes dilalap api, Kamis (23/2) sekitar pukul 07.45 WIB. Diduga kejadian tersebut karena konsleting arus listrik.

Iklan

Warga sekitar lokasi pun terlihat panik ketika melihat kepulan asap yang muncul dari bangunan yang berada di perumahan padat penduduk itu. Sama halnya dengan warga, Lurah Tanjung Ayun Sakti, Vinna Saktiani, yang saat itu hendak apel pagi bersama pegawainya di kantor Kelurahan juga melihat kepulan asap dari rumah warga yang tak jauh dari kantor Kelurahan yang dipimpinnya.

”Saya kira orang bakar ban, ternyata bukan. Saya pun langsung menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar),”ujar Vinna. saat ditemui dilokasi.

Dikatakan Vinna, sesampainya ia disana. Sejumlah warga dilihatnya sibuk mengeluarkan berbagai barang berharga dan juga perabotan rumah tangga. ”Hampir tidak ada celah antar satu rumah kerumah lainnya. Warga panik dan berhamburan, mereka buru-buru mengeluarkan barang-barangnya,”kata Vinna.

Kepala Satpol PP Kota Tanjungpinang, Irianto, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan penyebab pastinya kebakaran tersebut. Namun, dugaan sementara kebakaran tersebut karena konsleting listrik di rumah wanita paruh baya itu.

”Untuk penyebab pastinya biar dari pihak kepolisian saja, mereka saat ini sedang menyelidiki penyebab kejadian itu,”ujarnya.

Dikatakan Irianto, dalam menangani kebakaran tersebut pihaknya menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran. Yang mana api akhirnya dapat dipadamkan setelah kurang lebih 30 menit petugas menyiramkan air.

”Dengan kelincahan para petugas, api berhasil dijinakkan setelah 30 menit,”kata Irianto.

Sementara itu, Camat Bukit Bestari, Faizal Fahlevi, yang turun langsung kelokasi kejadian, mengatakan dalam kejadian tersebut salah satu ruangan didalam rumah tersebut terbakar dan atapnya juga rubuh. ”Hanya satu ruangan saja, rumah sebelahnyaq juga kena tapi sedikit,”ucap Faizal.

Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Andi Rahmansyah, yang juga turun ke lokasi, saat dikonfirmasi terkait penyebab kebakaran tersebut belum bisa memastikan. Pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pastinya kejadian tersebut.

”Masih dilakukan penyelidikan terlebih dulu, belum bisa dipastikan penyebabnya karena apa,”ucapnya singkat.

Pantauan dilapangan, petugas Damkar pun bergeliat memadamkan api. Berlahan-lahan, api yang tidak begitu besar dan sempat merembet dari rumah Nursiah ke rumah Muhammad Arif itu pun berhasil dipadamkan. Selain itu sejumlah warga juga bahu membahu membantu petugas dan juga mengeluarakn barang berharga dari sejumlah rumh warga yang berdekatan.

Masih pantauan di lapangan, sebanyak lima unit mobil Damkar Pemko Tanjungpinang diturunkan guna memadamkan api yang nyaris membuat rumah Nursiah ludes terbakar.(ias)