Iklan

batampos.co.id – Pemkab Bintan menjamin perhelatan Event Toure de Bintan 2017 yang dihelat di Kawasan Pariwisata Lagoi dari 3-5 Maret mendatang diharapkan berjalan sukses. Sebab event olahraga bertaraf internasional ini tidak hanya sekedar diikuti 2000 atelt dari 45 negara dan 40 kabupaten/kota saja melainkan akan dimeriahkan penyanyi dangdut papan atas Indonesia.

Iklan

“Iis Dahlia akan mengguncang panggung Toure de Bintan. Jadi masyarakat bisa menyaksikan pertandingan balap sepeda sekaligus dihibur oleh penyanyi dangdut yang terkenal,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira ketika dikonfirmasi, Jumat (24/2).

Dijelaskannya, ajang bergengsi balap sepeda dunia ini mempertandingkan satu kelas mencari waktu terbaik (Individual Time Trial) dan empat kelas Grand Fondo. Untuk Individual Time Trial, kata Luki, digelar di Plataran Plaza Lagoi Bay pada 3 Maret. Kelas ini akan diikuti 12-20 atlet sepeda dunia.

Kemudian untuk empat kelas Grand Fondo, lanjut Luki, yaitu Grand Fondo Classic dengan jarak tempuh 140 Km dan Grand Fondo Challenge dengan jarak tempuh 82 Km akan digelar di Depan Kawasan Terminal Simpang Lagoi 4 Maret.

Lalu, Grand Fondo Discovery dengan jarak tempuh 55 Km dan Grand Fondo Century dnegan jarak tempuh 107 Km juga digelar dilokasi yang sama. Namun akan dilaksanakan sehari kemudian atau 5 Maret.

“Empat kelas Grand Faondo akan diikuti sekitar 2000an atlet sepeda. Mereka akan mengayuh sepeda mengelilingi tiga wilayah Bintan. Dari wilayah bagian Utara, Tengah dan Timur,” jelasnya.

Sedangkan penampilan pedangdut terkenal Iis Dahlia, sambung Luki, akan disuguhkan diatas panggung Kawasan Terminal Bus Simpang Lagoi. Iis Dahlia, masih Luki, akan membawakan berbagai tembang andalannya diruang terbuka (out door) untuk menghibur masyarakat dari Bintan dan Tanjungpinang.

“Kalau Iis Dahlia akan tampil dihari kedua, Sabtu (4/3). Pastinya di Kawasan Terminal Simpang Lagoi akan dipadati ribuan masyarakat dari berbaagai daerah,” sebutnya.

Luki berharap event yang dikemasnya semenarik ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal ke Bintan. Sebab imbas event ini tak hanya sekedar membuat penuhnya penginapan di Kawasan Pariwisata Lagoi saja. Tetapi di luar kawasan tersebut juga ikutserta merasakannya. Seperti hotel dan resort di Kawasan Pantai Trikora, Kecamatan Gunung Kijang. (cca)