Disperkim Kepri akan memfokuskan perbaikan lif menara Masjid Raya Nur Ilahi Dompak. F.Yusnadi/BatamPos

batampos.co.id – Masjid Raya Nur Ilahi, Dompak akan menjadi kekuatan baru bagi percepatan pembangunan Pulau Dompak. Menyadari hal itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan tugas kepada Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Kepri untuk memperbaiki lift menara Masjid Dompak.

“Kita sudah membuat rencana belanja (Renja) untuk perbaikan Menara Masjid Raya Dompak. Adapun besar anggaranya adalah Rp2,5 miliar,” ujar Kepala Disperkim Kepri, Heruk Sukmoro menjawab pertanyaan Batam Pos, Jumat (24/2) di Tanjungpinang.

Menurut Heru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan teknisi yang bergerak dibidang perawatan lift. Masih kata Heru, dengan adanya lift itu nanti bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke kawasan Masjid Raya Dompak. Lebih lanjut katanya, sebelumnya operasional lift terkendala dengan kapasitas listrik. Namun sekarang ini ketersediaan listrik sudah sangat memadai.

“Mudah-mudahan perbaikannya bisa terlaksana. Sehingga aktivitas di Masjid Raya Dompak menjadi lebih hidup. Artinya bisa menjadi pusat perhatian bagi wisatawan,” papar Heru.

Ditambahkan Heru, sejak selesainya Jembatan I Dompak, akses masyarakat menjadi lebih mudah untuk menuju Pulau Dompak. Bahkan kawasan Masjid menjadi tujuan masyarakat untuk menikmati keindahan Jembatan I Dompak. Atas dasar itu, perbaikan infrastruktur lift untuk menuju puncak Menara Masjid menjadi satu kebutuhan.

“Selain bisa melaksanakan ibadah di Masjid, masyarakat juga bisa menikmati Dompak dari ketinggian. Tentu ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” tutup Heru.

Seperti diketahui, Menara Masjid Raya Nur Ilahi atau lebih dikenal dengan nama Masjid Raya Dompak tersebut memiliki ketinggian sekitar 56 meter. Butuh waktu 20 menit untuk sampai ke puncak menara, dengan cara menaiki tangga. Didalam bangunan tersebut ada 303 anak tangga. Sementara itu, apabila menggunakan lift hanya butuh beberapa menit untuk sampai keatas menara.(jpg)

Respon Anda?

komentar