Tulang ikan yang disulap jadi kerajinan tangan yang dibuat warga Bintan. Foto: dok batampos.

batampos.co.id – Pemerintah terus berkomitmen melakukan terobosan dalam memajukan perekonomian di daerah Bintan. Salah satunya menggerakan potensi ekonomi berbasis kerakyatan, membangun stand-stand untuk menjajakan hasil kerajinan tangan, serta jajanan tradisional masyarakat Kabupaten Bintan. Rencananya pembangunan difokuskan di Simpang Lagoi, Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong.

“Secepatnya ide pembangunan stand ini segera direalisasikan, agar ekonomi berbasis kerakyatan ini dapat berjalan. Ini salah satu cara membantu ekonomi masyarakat menengah ke bawah,” ungkap Bupati Bintan, Apri Sujadi, dengan didampingi Ketua PKK Kabupaten Bintan, Deby Apri Sujadi saat melakukan kunjungan ke Desa Ekang Anculai, (21/2) lalu.

Apri menjelaskan rencana pembangunan stand tersebut melihat letak strategis dari Desa Ekang Anculai yang berada pada posisi di jalur keramaian. Apalagi saat musim liburan, tentunya banyak masyarakat dari luar Bintan, seperti Tanjungpinang dan Kota Batam, yang menghabiskan waktu liburan untuk berkunjung ke Kawasan Pariwisata Lagoi, melalui desa tersebut.

“Disini (Desa Ekang Anculai, red) saya melihat potensi dari hasil kerajinannya bisa dipasarkan, apalagi didukung dengan didirikannya stand tepat di Simpang Lagoi. Sehingga pengunjung yang datang dari Batam, khusus hanya berkunjung untuk selfie ke Lagoi melalui desa tersebut, setidaknya dapat diakomodir dan dimanfaatkan,” jelasnya.

Selain itu, sambungnya lokasi pembangunan stand tersebut juga sangat berdekatan dengan lokasi wisata baru, seperti gurun pasir di Desa Busung. Hal ini tentunya akan semakin memberikan peluang yang menjanjikan untuk kemajuan ekonomi Bintan.

Sementara itu, Camat Teluk Sebong Erika Sylvia, menyambut baik rencana dari Bupati Bintan, untuk segera membangun stand yang akan diutamakan untuk hasil kerajinan dan jajanan tradisional tersebut. Menurutnya dengan keberadaan stand ini, nantinya perekonomian masyarakat Desa Ekang Anculai, tentunya akan bergairah dengan sendirinya.

“Masyarakat disini sangat gembira mendengar rencana dari pak Bupati, yang akan membangun tempat untuk bisa menyalurkan seluruh keterampilan dari warga yang memiliki kreativitas dalam membuat sesuatu yang bermanfaat,” ungkapnya, Jumat (24/2).

Erika berharap dengan pembangunan stand tersebut, kedepannya perekonomian masyarakat sekitar bisa berkembang dan, tentunya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Bintan. (cr20)

Respon Anda?

komentar