Peserta Let’s Go Green for Duriangkang menanam pohon di Dam Duriangkang, Minggu (26/2).
foto. BIFZA Cycling Community untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dalam rangka memelihara ekosistem lingkungan hutan, Komunitas Sepeda Badan Pengusahaan (BP) Batam (BIFZA Cycling Community/BCC) dan komunitas sepeda se-Kota Batam mengadakan kegiatan lingkungan berupa penghijauan di daerah tangkapan air (catchment area) waduk Duriangkang.

Kegiatan yang dinamai “Let’s Go Green for Duriangkang” dengan tema One Tree for One Life dilaksanakan pada Minggu (26/2).

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi daerah tangkapan air yang sudah gundul sehingga perlu dilakukan penghijauan demi ketahanan air di Pulau Batam yang harus terus dilestarikan dan dijaga,” kata Ketua Panitia Pelaksana Let’s Go Green for Duriangkang,

Juhardi.
Sebagaimana diketahui bahwa kondisi persediaan air baku pada saat ini sudah sangat memprihatinkan dengan debit air semakin berkurang.

“Kita menyadari bahwa hutan, khususnya Hutan Duriangkang, di mana di dalamnya terdapat sumber air yang kita butuhkan, berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus penyokong ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati,” kata Juhardi.

Mengingat semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan diwujudkan dengan menanam pohon.

Dengan penanaman pohon akan menghijaukan kembali kawasan hutan lindung yang berada di catchment area waduk. Sehingga diharapkan akan dapat menciptakan daerah tangkapan air lebih maksimal terutama saat musim hujan tiba.

Kegiatan yang dimotori oleh BIFZA Cycling Community dan Bike to Work (B2W) ini diikuti oleh lebih dari 500 orang antara lain berasal dari komunitas sepeda se-Batam dan kelompok pencinta alam.

Acara ini didukung oleh Badan Pengusahaan BP Batam, Polda Kepri, TNI dari KODIM 0316 Batam, Suzuki Club Motor (SCI), serta didukung oleh perusahaan-perusahaan seperti PT Panasonic Industrial Devices Batam, PT Esun Internasional Utama Indonesia, PT Panbill Utilitas Sentosa, Yayasan Citramas, dan PT ATB, Sanford Air Minum dan Pocari Sweat, serta kalangan perbankan, yaitu Bank Mandiri Cabang Batam, Bank BNI Cabang Batam, serta Ikatan Notaris Indonesia.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kota Batam untuk menumbuhkembangkan kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan sumber air di masa yang akan datang,” katanya. (ann)

Respon Anda?

komentar