Turis Singapura foto welfie yang baru tiba di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, beberapa waktu lalu. (DALIL HARAHAP/BATAM POS)

batampos.co.id – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Pebrialin mengatakan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Batam, Dinas Pariwisata akan mengalokasikan sedikitnya 50 ribu tiket weekdays (Senin-Jumat) gratis.

Iklan

Tiket apa? Jom baca selanjutnya…

Batam sebagai pintu masuk pariwisata diharapkan bisa mendatangkan jumlah wisatawan terbanyak ke Kepri.

“Nah, setelah dari Batam mereka bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang berada di Kepri,” kata Pebrialin.

Nah, tiket gratis ini berlaku weekdays tujuan Singapura-Batam, Johor-Batam pulang pergi bagi wisatawan asal Negeri Singa dan Malaysia.

Teknis pemberian tiket gratis ini melibatkan para agen travel yang mengajukan proposal.

“Masih kami tunggu, nanti akan langsung disampaikan ke Kemenpar untuk secepatnya diproses, semakin cepat semakin baik, karena tahun ini kami ditargetkan 1,7 juta wisatawan mancanegara,” ujar mantan Kepala Dinas PMPKUKM Kota Batam ini.

Dia menjelaskan, tiket gratis ini ditujukan bagi agen- agen travel yang biasa membawa tamu ke Batam. Dia mencontohkan, jika satu agen travel membawa 20 orang, dengan adanya promosi ini berarti dia berkemungkinan ada tambahan wisatawan.

“Ini sangat menarik, jadi awalnya bawa 20 orang, setelah adanya promo tiket gratis ini tentunya turis yang sudah ikut travel bisa mengajak saudara, temanya untuk ikut,” ujarnya.

Service promotion ini diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Batam. Dia mengatakan pemerintah lebih banyak memfasilitasi keinginan dari pelaku wisata yang ingin mengadakan acara demi mendatangkan kunjungan yang lebih baik.

Pebrialin mengatakan salah satu destinasi wisata yang tengah dipromosikan adalah wisata bahari yang berada di Pulau abang dan beberapa pulau lainnya. Bersama dengan Asita pihaknya tengah gencar mempromosikan destinasi ini.

Ketua Asita Kepri, Andika Lim mengatakan saat ini pelaku wisata yang ada di Batam memang lebih mengembangkan wisata Bahari.

“Sekarang sudah ada kapal khusus yang siap menemani wisatawan diving ataupun snorkling di Pulau Abang,” kata Andika. (cr17/iil/JPG)